Kamis, 07 November 2013

Selat Solo ala Chuz’s Kitchen



Solo dikenal sebagai salah satu kota di Tanah Air yang merupakan “gudang”-nya makanan lezat. Berbagai makanan minuman maupun jajanan yang khas dapat dengan mudah dijumpai di Solo. Sebagai penduduk solo yang beberapa bulan ini sudah tidak tinggal di sana, aku benar-benar merindukan akan keanekaragaman makanan yang tersebar di berbagai sudut kota ini, yang menyajikan cita rasa khas dan eksotis yang langka dijumpai di tempat lain.

Nah, karena ada stok galantin yang udah dibikin kemarin, kali ini disajikannya dengan kuah dan pelengkap, jadi selat solo deh. Meskipun aku sebenarnya ga terlalu suka dengan masakan solo yang bercita rasa manis, karena ini masak sendiri, bisa disesuaikan deh kemanisannya. Terus karena di sini cari sayur kaya selada gitu susah (eh bukan susah lagi, tapi emank ga ada), jadi ya ga pakai deh. Lebih lengkap jika selat solo ini disajikan dengan mayones yang dibuat sendiri. Resep mayones homemade bisa dilihat di sini.Tapi karena lagi males, ga pakai deh. Seadanya aja gitu :D. 

Sedikit bercerita, selat solo adalah salah satu bentuk percampuran masakan berkuah asal barat dengan selera lidah lokal. Racikan selat solo merupakan adaptasi dari salad yang terdiri dari irisan daging, ditambah dengan rebusan wortel, buncis, telur pindang, kentang dan dilengkapi mayonaise serta kuah kecap yang segar. Warung selat yang terkenal di Solo adalah Warung Selat Mbak Lies di Serengan dan RM Kusuma Sari di Perempatan Nonongan. Kalau yang aku bikin ini ya ala dapurku sendiri, beda tentunya dengan rasa asli selat solo. Tapi enak juga lhooo. karena penyajian seperti finger food, jelas ini bisa untuk baby-led weaning lhoooo. Ini resepnya :)

Selat Solo ala Chuz’s Kitchen
Resep galantin bisa dilihat di sini

Bahan Saus:
2 siung bawang putih, dicincang halus
1/2 buah bawang bombay, diiris panjang
1 sendok makan kecap inggris
4 sendok makan saus tomat
1 1/2 sendok teh kecap manis
300 ml air kaldu (bisa ikan/ayam/sapi)
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh gula pasir
2 sendok teh tepung maizena dan 2 sendok teh air, larutkan untuk pengental
50 gram kacang polong à jika ada
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bahan Pelengkap:
300 gram kentang goreng
200 gram wortel rebus
100 gram buncis rebus
10 lembar daun selada (karena di sini ga ada selada, jadi aku ga pakai deh. Poor me :( 
Mayonesnya bisa dibikin sendiri. Resepnya ada di sini

Cara Membuat:
  1. Panaskan sedikit minyak di atas frying pan (bisa pakai teflon). Tumis galantin sampai kecokelatan. Sisihkan.
  2. Saus: panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Tambahkan kecap inggris, saus tomat, dan kecap manis. Aduk rata.
  3. Masukkan air kaldu, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  4. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sampai meletup-letup. Tambahkan kacang polong jika ada. Aduk rata.
  5. Sajikan dengan bahan pelengkap dan saus mayones
 Selamat Mencoba!

7 komentar:

  1. gimna mbk rasanya?????enak kayaknya,apalge kalo masih anget ^^

    BalasHapus
  2. merebus wortel itu sebaiknya brapa lama mbak?

    BalasHapus
  3. @Agustinadian Susanti: kalau sampai empuk beda2 tiap wortel, potongan juga berpengaruh, semakin besar, semakin lama empuknya. tp sebenarnya lebih baik mentah lho :D cuma ya karena di indonesia banyak pakai pestisida sebaiknya tetap dicuci bersih dan direbus sebentar saja sampai keempukan yang diinginkan.

    BalasHapus
  4. @Hanna HM Zwan: rasanya uenak mak, emank kudu anget2 ini makannya. kalau di solo, di warung selat mbak lies itu suasananya lebih asik lagi, jadi tambah enak kali ya :D

    BalasHapus
  5. hemm...aku suka selat solo apalg yg bkin almarhum kakak iparq yg org solo...mak nyuss...klo aq bkin sdri g tau resep mayonaisenya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,jd keinget kakak iparnya ya mak. Aq sbnrnya juga bru kali ini bikin selat sendiri. Selama di solo paling beli atau makan pas jagong :D

      Hapus
  6. kalo inget ini jadi inget solo. seger rasanya ya, mak

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...