Senin, 29 Desember 2014

Cheddar cheese cake

CHEDDAR CHEESE CAKE

Bahan A :
130 ml susu cair (aku pakai susu UHT)
40 gr butter
100-125 gr keju cheddar parut halus

Bahan B :
20 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
(campur dan ayak kedua bahan ini)

Bahan C :
3 kuning telur
1 sdt parutan kulit lemon

Bahan D :
3 putih telur
85 gr gula kastor (bisa ditambah hingga 100 gr)
1 sdt air jeruk lemon

Cara Membuat :
- Panaskan oven 160'C . Siapkan loyang oval, oles dengan margarin dan beri alas kertas roti. Oles tipis kembali dan sisihkan. Apabila memakai loyang dengan sambungan, bungkus dasar loyang dengan alununium foil agar air tidak merembes masuk ke dalam adonan.
- Tim bahan A hingga keju larut. Angkat dari api.
- Selagi bahan A masih hangat, masukkan bahan B. Aduk rata dengan whisker hingga lembut dan tidak bergerindil.
- Masukkan bahan C. Aduk rata dan sisihkan.
- Di wadah yang bersih dan kering, kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan air jeruk lemon dan gula sedikit demi sedikit. Kocok hingga SOFT PEAK (kocokan telur sudah mengembang namun masih lembut dan creamy. Ketika mixer diangkat maka akan membentuk puncak tumpul).
- Ambil 1/3 bagian adonan putih telur, tuang ke adonan keju. Aduk balik hingga rata dan tuang kembali ke dalam sisa adonan putih telur. Aduk balik hingga rata (jangan terlalu lama mengaduk ya).
- Tuang adonan ke dalam loyang dan letakkan loyang adonan ini ke dalam loyang pendek yang sudah berisi air panas. Oven selama 50-75 menit hingga matang dan permukaannya berwarna kecoklatan. (waktu pemanggangan tergantung masing-masing oven ya).
- Keluarkan dari oven, biarkan hangat dan balik di atas serbet bersih.
- Dinginkan dan siap dihias sesuai selera.

Jumat, 28 November 2014

Choccolate Bread Butter Pudding

Postingan agak telat ini. Sebenarnya kemarin udah ngetik tapi ga kesimpen. Nangis deh. Habis itu jadi blogging blues :D. Nah mumpung lagi insomnia,mari manfaatkan waktu dgn baik :p
Bread pudding (puding roti) ini dibikin atas request dari customer tercinta #rafa. Sekarang kan rafa udah bisa ngomong "mama kueeee" panjang lagi e-nya. Waktu cek di kulkas ada roti tawar sisa beberapa hari lalu. Ya udah kepikiran bikin yang gampil aja. Tinggal aduk-aduk jadi deh. Bahkan rafa ikutan nimbrung di sini. Bisa jadi alternatif kegiatan si toddler kan. Bread pudding ini bisa dimodifikasi dgn penambahan pisang seperti yang aku bikin sebelumnya di sini. Kali ini aku tambahkan coklat bubuk dan diberi taburan meises untuk toppingnya. Meisesnya ternyata leleh dan malah jadi seperti selai blueberry ya di fotonya. Hehehe.. Yang penting rasanya enaaaakkk. Rafa aja berulang kali bilang "hmmm.. Enaaakkk".
Untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan bisa diotak atik sendiri. Tambahkan susu untuk membuatnya lebih lembut, atau tambahkan telur untuk membuatnya lebih padat. Kali ini aku bikin yang agak padat karena langsung dituang di loyang dan baru dipotong-potong. Kalau ingin bikin di cup mungkin bisa dibikin lebih lembut. Selain dikukus bread pudding ini bisa juga dipanggang di oven atau memakai slow cooker seperti yang aku praktekkan sebelumnya di sini. Bisa banget nih untuk belajar makan menyomot ala baby-led weaning :D tapi untuk di atas setahun ya.. Itupun skip coklat,meises, dan kurangi gulanya..
Choccolate Bread Butter Pudding
Modifikasi chuz's kitchen dari berbagai sumber di google
Bahan:
- 5 lembar roti tawar dengan kulitnya. Sobek-sobek kecil sisihkan.
- 200 cc susu UHT plain
- 3 butir telur
- 3 sdm butter/ margarine lelehkan
- 7 sdm gula pasir
- 1 sdm tepung terigu+2 sdm coklat bubuk, campur, ayak
- bahan topping sesuai selera, meises, coklat parut, keju, atau choco chip
Cara Membuat:
1. Panaskan kukusan dengan api kecil. Tutup.
2. Oles loyang dengan margarine. Sisihkan (bisa juga dengan cup alumunium foil kecil).
3. Kocok telur sampai rata masukkan susu uht dan gula. Aduk sampai gula larut.
4. Tambahkan campuran tepung+coklat bubuk. Aduk sampai rata.
5. Masukkan butter/ margarine leleh. Aduk rata.
6. Tuang ke dalam loyang yg sudah dioles margarine atau ke dalam cup alu foil. Tabur bahan topping.
7. Kukus 40 menit atau sampai matang (test tusuk). Jangan lupa sebelum menaikkan loyang ke dalam kukusan harus sudah beruap banyak dan air mendidih. Lapis tutup panci kukusan dengan kain agar airnya tidak menetes.
Selamat mencoba :)

Kamis, 27 November 2014

Yummy Banana Cake No Food Additives

Banana cake ini aku bikin waktu punya pisang yang udah terlalu matang (ndalu), udah mulai berbintik hitam. Pas sekali untuk banana cake.  Bisa jadi alternatif si picky eater yang ga mau makan buah.. Bisa juga sebagai cemilan si bayi yang baru belajar makan pakai metode baby-led weaning. Tapi harus udah di atas setahun ya.. Kalo di bawah setahun harus dimodif dulu :). Resepnya dapat dari www.justtryandtaste.com. cake ini dibuat tanpa bahan tambahan seperti baking powder, baking soda, apalagi SP, ovalet dan kawan-kawan. Ada tips khusus untuk membuat adonan tetap mengambang bagus. Ayo diintip resepnya :)


Yummy Banana Cake  No Food Additives
Rebake by Chuz's Kitchen from www.justtryandtaste.com

Bahan:
- 120 gram pisang ambon (sekitar 2 buah pisang ukuran sedang)
- 2 butir telur
- 50 gram gula pasir
- 100 gram tepung terigu protein sedang atau serba guna
- 60 gram mentega dilelehkan

Cara membuat:
1. Siapkan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven dan jika oven anda pendek seperti milik saya maka letakkan rak pemanggang di bagian bawah oven.
2. Siapkan loyang loaf ukuran 8 x 17 x 6 cm. Alasi permukaan loyang dengan kertas baking. Sisihkan.
3. Rendam telur di dalam air hangat suam kuku selama 2 - 3 menit. Fungsinya untuk membuat putih telur menjadi encer sehingga akan mengembang maksimal kala di kocok. Pastikan air tidak panas karena akan membuat telur menjadi matang.
4. Cairkan mentega dengan api yang sangat kecil, jangan mencairkan hingga mentega mendidih. Jika sebagian mentega telah meleleh matikan saja api kompor dan goyang-goyangkan panci, kondisi panci yang panas akan membuat sisa mentega meleleh sempurna. Tuangkan mentega cair ke dalam mangkuk yang agak besar, diamkan hingga agak mendingin.
5. Siapkan mangkuk kecil, masukkan pisang. Hancurkan pisang dengan garpu sampai hancur, jangan menghaluskan pisang dengan menggunakan blender karena tekstur pisang akan hilang. Sisihkan.
Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur yang telah direndam dalam air hangat dan gula pasir. Kocok dengan kecepatan rendah sampai tercampur baik kemudian naikkan kecepatan mikser menjadi tinggi dan kocok telur dan gula hingga mengembang, kental dan berwarna putih pucat. Tahapan ini dikenal dengan ribbon stage, tandanya ketika alat pengocok anda angkat maka adonan yang jatuh masih meninggalkan jejak selama beberapa detik. Jika tahapan ini belum tercapai, kocok kembali adonan hingga ribbon stage.
6. Masukkan pisang lumat, aduk perlahan dengan teknik aduk balik hingga tercampur baik. Masukkan tepung dengan cara diayak ke dalam adonan telur-pisang. Aduk adonan dengan spatula menggunakan teknik aduk balik. Lakukan dengan perlahan agar tidak banyak busa yang mencair. Adonan yang terbentuk kental dan pekat.
7. Tuangkan sekitar 1/4 adonan ke dalam mangkuk berisi mentega leleh, aduk perlahan hingga tercampur baik. Masukkan sisa adonan ke dalam adonan mentega, aduk dengan teknik aduk balik secara perlahan hingga tercampur dengan baik.
Note: cara mencampur sebagian adonan dengan mentega leleh untuk mempermudah mentega tercampur baik di dalam adonan. Minyak cenderung untuk mengendap di dasar adonan dan sulit tercampur dengan adonan kala diaduk.
8. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Panggang selama 20 menit atau hingga permukaannya tampak mengeras dan kekuningan. Keluarkan loyang berisi cake, dengan pisau tajam iris memanjang permukaan cake. Lakukan kegiatan ini dengan cepat. Kemudian masukkan kembali cake ke dalam oven dan panggang selama 20 menit hingga cake matang. Tes kematangan cake dengan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel maka cake telah matang.
9. Keluarkan dari oven, diamkan sejenak hingga uap panasnya hilang. Keluarkan cake dengan cara menarik kertas baking yang menjuntai keluar. Diamkan hingga dingin. Lepaskan kertas dan potong-potong cake. Siap disantap. Super duper yummy!

Minggu, 23 November 2014

Pempek Ikan Tuna



Weekend ini lagi kedatangan tamu dokter PTT di halut dari desa sebelah. Lagi pengen masak bareng-bareng. Aku tawarin bikin pempek karena udah lama nyimpen resepnya tapi belum jadi eksekusi. Akhirnya beneran jd eksekusi pempek. Kalau original recipenya pempek ada macam-macam. Cuma sebagai yg awam tentang sejarah pempek, bikinlah seadanya. Yang penting enak ajaaaa :D. Akhirnya jadilah pempek ikan tuna ini. Pas dimakan kurangnya cuma pelengkapnya aja, acar sama bihun. Soal rasa ga kalah sama pempek yang beli di warung2 pempek itu :)

Happy Cooking ;)

Pempek Ikan Tuna
Hasil modifikasi chuz's kitchen dari berbagai resep di google
Bahan Pempek:
- 450 gr ikan tuna bersih tanpa duri. Haluskan dengan food processor atau dicincang sampai betul-betul halus
- 300 gr tepung terigu, segitiga biru
- 500 ml Air
- 7 siung bawang putih, cincang halus
- 1 sdm garam halus, atau sesuai selera
- 1 sdt gula pasir
- 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas, sisihkan
- 500 gr tepung tapioka
Cara Membuat:
1. Bawang putih,garam,gula, dicampur dengan air lalu didihkan.
2. Tuang larutan yang sudah didihkan ke dalam tepung terigu aduk rata biarkan menghangat.
3. Setelah menghangat masukkan telur aduk rata --> bisa pakai tangan atau pakai food processor
4. Masukkan ikan aduk rata.
5. Setelah ikan tercampur rata masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, jangan sampai kering.
6. Tutup dengan kain diamkan selama 20 menit
7. Bentuk sesuai selera, kemudian rebus dalam air mendidih yang ditambahkan 3 sdm minyak dan garam secukupnya.
8. Rebus sampai mengapung lalu angkat tiriskan.
9. Pempek siap di goreng atau simpan di dalam freezer.
Bahan Cuko:
- 500 ml air
- 200 gr gula aren, gula palem atau gula merah
- 25 gr Ebi, sangrai, lalu lembutkan atau di blender
- 10 biji cabe rawit, haluskan --> bisa ditambah sesuai selera
- Garam,secukupnya
- 7 siung bawang putih haluskan
- 6-7 butir asem jawa
Cara membuat:
Campur asem dengan air buang bijinya. lalu semua bahan campur jadi satu masak sampai mendidih agak lama dan sedikit mengental, lalu biarkan dingin lalu disaring. Cuko siap pakai.
Tambahan untuk membuat pempek kapal selam
Ambil segumpal adonan, kira-kira sebesar bola ping-pong, bulatkan dengan menggelindingkannya di telapak tangan.
Letakkan bola adonan di tangan kiri, tekan bagian tengah adonan dengan ibu jari tangan kanan hingga terbentuk cekungan. Lebarkan dan dalamkan cekungan dengan jari anda, tujuannya adalah kita akan membuat kantung di adonan agar bisa diisi dengan kocokan telur.
Jangan buat kantung terlalu lebar, tetapi buatlah kantung yang dalam. Mulut kantung yang lebar akan membuat kita susah untuk menutupnya ketika telah diisi telur, telur yang mengenai permukaan kantung akan membuat adonan susah lengket ketika akan ditutup.
Tekan-tekan kantung agar menipis dan mau memanjang. Jika kantung telah jadi dan cukup dalam untuk menampung kocokan telur, tuangkan kira-kira 4 sendok makan kocokan telur, hati-hati jangan sampai menetesi permukaan kantung adonan.  Tutup kantung dan jepit dengan jari anda hingga menempel dengan baik, tekuk ujung-ujungnya agar tidak terbuka saat di rebus.
Masukkan pempek ke dalam air mendidih, rebus hingga matang. Tips dari teman agar tidak muncul rongga besar di dalam pempek, api sedang saja jangan pakai api besar. Pastikan untuk merebus pempek hingga telur benar-benar keras. Pempek yang telah mengapung bukan berarti telur telah matang, lanjutkan terus merebus hingga pempek dan telur matang. Kira-kira membutuhkan waktu 20 menit untuk membuatnya matang atau tekan dengan jari anda, jika kantung telah keras berarti telur telah matang.
Selamat Mencoba :)

Sabtu, 22 November 2014

Bola-bola Tahu Bayam

Masih dalam rangka menyelipkan sayuran ke makanan rafa. Kali ini bikin bola-bola tahu bayam. Sebenarnya udah sering banget bikin ini. Tapi seringkali hancur waktu digoreng. Kali ini sukses ga hancur karena aku tambahkan roti tawar. Jadi seperti adonan nugget. Enak banget dan rafa juga doyan ditusuk jadi kaya sate gitu.. Bayam bisa diganti dengan sayuran lain seperti wortel atau brokoli.

Bola-bola Tahu Bayam
Modifikasi Chuz's Kitchen

Bahan:
- 8 potong tahu putih
- 5 lembar roti tawar sisihkan pinggirnya,rendam dalam 3 sdm susu cair - 50 gr daun bayam,cincang halus
- 1 batang daun bawang iris halus
- 5 siung bawang putih cincang halus
- 1 butir telur --> kocok lepas ambil separuh,untuk dicampurkan ke dalam adonan tahu. Sisanya untuk melapis sebelum digoreng
- 3 sdm tepung terigu
- lada putih secukupnya
- garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Hancurkan tahu tiriskan airnya.
2. Campurkan roti tawar yg sudah direndam dan dihancurkan ke dalam adonan tahu.
3. Campurkan bahan2 yg tersisa. Aduk sampai rata.
4. Bulat-bulatkan sampai adonan habis. Jika sulit bisa dibantu dengan 2 sendok.
Sisihkan masukkan ke dalam kulkas beberapa saat.
5. Lapis bola-bola ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke dalam tepung panir sampai rata. Agak tepung panir menempel bisa dimasukkan ke dalam kulkas dulu.
6. Goreng dalam minyak yang banyak dan panas. Gunakan api sedang saja.

Catatan: jangan terlalu cepat membalik bola-bola tahu yg sedang digoreng,karena kalo terlalu cepat bisa hancur.

Selamat mencoba :)

Jumat, 14 November 2014

Cake Bayam Hijau

Menyiasati anak untuk makan sayur itu sulit, apalagi sayur hijau. Udah lama banget pengen bikin cake bayam ini tapi belum kesampaian sekarang. Kemarin-kemarin kalo beli bayam udah layu duluan belum sempat dimasak :D. Alhamdulillah di weekend pagi ini karena rafa yang udah bisa bicara tiba-tiba bilang "mau kue" "kue" "kue" jadi pemicu semangat tersendiri deh. Lihat di kulkas masih ada bayam yg baru dibeli kemarin. Bikin cake aja deh dengan harapan bisa masuk ke perut rafa dgn mudah :p. Untuk anak BLW ini bisa jadi pilihan menu cemilan atau sarapan. Mudah dipegang anak-anak dan warnanya eye catching. Langsung eksekusi resep dari momylicious. Be te we pas cake jadi aku pamerin ke suami, reaksinya "bayam?" Sambil berkerut dahinya. Tapi pas nyobain dia kaget, bilang enak dan baunya juga wangi karena ada tambahan spekoek :). Yuk diintip resepnya

Cake Bayam Hijau
Sumber: cake bayam dengan modifikasi chuz's kitchen

Bahan:
- 100 gr bayam [daunnya aja], rebus sebentar, tiriskan. Peras airnya
- 75 ml minyak
- 1 sdm santan kental (aku pakai santan instan kara)
150 gr gula [75 gr gula palem +75 gr gula pasir] --> aku kurangi jadi 125rb gula pasir. Kalau mau lebih sehat diganti gula palem atau brown sugar tapi warnanya jadi ga hijau
- 150 gr tepung terigu protein sedang
- 3 btr telur
- 1/4 sdt spekoek atau kayu manis
- Sejumput garam
- Sukade untuk taburan --> aku skip

Cara Membuat:
- Panaskan oven, set di suhu 180'c. Oles loyang dengan margarin, taburi tepung terigu, sisihkan. Atau bisa juga pakai kertas roti
- Blender bayam dengan minyak dan santan, sisihkan.
- Kocok telur, gula, garam hingga kental dan berjejak dengan mixer speed tinggi.
- Ayak bahan kering, kemudian masukan kedalam adonan dengan speed rendah hingga tercampur rata.
- Masukkan bayam yang sudah diblender, aduk rata dengan spatula. Pengadukan dilakukan dengan metode aduk balik, memakai spatula besar. Hati-hati dengan minyaknya, jangan sampai ada yang mengendap di bawah, harus teraduk semua tapi jangan sampai over mixing, supaya tidak bantat --> atau dengan memiringkan baskom tempat adonan pegang dgn tangan kiri, tangan kanan pegang spatula dan aduk searah jarum jam.
- Tuangkan adonan kedalam loyang yang telah dialasi kertas. Taburi dengan sukade --> bisa diganti kismis atau keju parut. Kalau keju parut dipanggang dulu sampai atasnya mengeras baru taburi keju parut dan panggang lagi.
- Panggang dengan suhu 180ºC selama 30 menit lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangan cake

Selamat Mencoba!

Sabtu, 01 November 2014

Siomay Pelangi

Hari minggu biasanya malas masak. Tapi pagi ini semangat masak. Udah lama banget mau eksekusi resep ini tapi baru sempat sekarang. Mumpung bahan-bahannya ada. Tapiii ternyata tepung tapiokanya kurang. Nekat aja deh. Separo tepung diganti tepung terigu. Ternyata tetep enak :)) tapi kalo pemirsaa mau pakai resep aslinya mestinya lebih bagus konsistensinya :p. Karena ini usaha untuk bikin rafa makan sayuran jadi aku selipkan sayuran juga. Warnanya juga jadi bagus kaya pelangi (meski cuma 2 warna :p). Resepnya dari grup NCC. Dan karena ga bikin bumbunya jadi ya dicocol saus aja :D. Menu ini bisa jadi andalan untuk anak GTM lhoooooo sekaligus sebagai one dish meal untuk anak baby-led weaning.
Siomay Pelangi
Resep diadaptasi dari grup NCC dengan sedikit modifikasi
Bahan:
250gr ikan tenggiri ambil dagingnya--> aku pakai ikan kakap merah
100gr ayam fillet
150gr labu siam rebus
2btr putih telur
2 siung bwg putih (disangrai/goreng) --> cuma aku cincang
150-200 gr tepung tapioka --> aku 50gr tapioka+100 gr tepung terigu
Cara Membuat:
- Semua bahan dicampur jadi 1 dlm food processor atau blender. Blender sampai halus.
- Tambahkan tepung tapioka, garam dan lada bubuk secukupnya aduk rata dengan menggunakan sendok, sampai didapat kekentalan adonan sesuai selera.
- Untuk adonan yg ingin ditambah ekstrak sayur, bagi adonan utama menjadi beberapa bagian, blender sayur sesuai selera (bisa wortel, bayam hijau, bayam merah, buah bit, ubi ungu dll), buang airnya ambil ampasnya aduk dlm adonan yg telah dibagi2. Bisa tambahkan tepung lagi apabila adonan kurang kental.
- Cetak adonan dg menggunakan sendok, kukus selama kurang lebih 15 menit. Agar adonan tidak lengket di dandang olesi "sarang" dandang atau alasi dengan kertas roti.
- Sajikan dengan bahan pelengkap dan bumbu

Rabu, 29 Oktober 2014

Dulce de Leche Ice Cream

Kalau sebelumnya sudah mencoba resep homemade ice cream yang aku posting beberapa waktu lalu, resep yang ini juga wajib kudu dicoba. Tapi karena ada tambahan dulce de leche (selai karamel), jadi kudu bikin dulu deh :p. Jadi alternatif menghabiskan delce de leche selain jadi olesan roti. Resep sederhana sekali jadi cuma perlu waktu sedikit untuk membuatnya. Yang lama bikin dulce de leche-nya :D

Dulce de Leche Ice Cream

Bahan:
- 200gr whipping cream bubuk --> aku pakai merk haan
- 500cc susu cair dingin dari kulkas --> aku pakai UHT full cream yg plain
- 4 sdm dulce de leche --> resep klik di sini
- 2 sdm coklat bubuk --> bisa diganti strawberry blender

Cara membuat:
Campur semua bahan dalam mangkok,mixer sampai kental dan mengembang. Tuang dalam cup. Bekukan di freezer

Es krimnya lembut banget kaya walls gitu lho... Enak banget.. Bikin ketagihan tapi kudu inget berat badan :D

Sabtu, 25 Oktober 2014

Homemade Dulce de Leche

Mungkin sebagian dari kita masih asing sekali dengan nama dulce de leche. Aku juga taunya karena baca postingan resep di grup NCC (natural cooking club).

Dulce de leche (bahasa Spanyol:"Gula-gula susu"), adalah sebuah sirup yang terbuat dari susu. Sirup ini tersedia dalam bentuk cair dan gula-gula. Cara pembuatannya adalah dengan merebus susu manis dengan api kecil sehingga rasanya berubah seperti karamel. Dulce de leche juga merupakan pelengkap roti dan berbagai hidangan penutup Argentina (wikipedia).

Dulce de leche sangat terkenal di Argentina dan Uruguay, juga Paraguay dan Brazil. Di Perancis, dulce de leche dikenal sebagai Confiture de lait.

Ada banyak cara untuk membuat sendiri dulce de leche ini. Ada yg merebus susu kental manis bersama kalengnya tanpa dilubangi sama sekali selama berjam-jam. Ada juga yg menggunakan panci presto atau microwave dan juga oven. Ngeri awalnya pas tau cara bikinnya. Tapi modal nekat aja. Aku pakai cara merebus susu kental manis dengan kalengnya dalam air yg merendam kaleng tersebut selama 3 jam. Setiap 1/2 jam aku cek kalo air mulai berkurang aku tambah sedikit. Pokoknya jangan sampai air berkurang banyak,harus dijaga kaleng tetap terendam. Dan akhirnya berhasil membuat dulce de leche sendiri. Manis enaaaakk. Bisa dipakai untuk olesan roti, bisa juga campuran jus, atau es krim :). Patut dicoba yaaaa

Mie Pelangi Chuz's Kitchen

Anak mogok makan sayur itu pasti bikin semua ibu galau kayak aku. Padahal sebelumnya rafa dengan mudahnya makan sayuran yg cuma dikukus. Sekarang udah diselip-selipkan masih sering diambil dan disingkirkan dengan tangan mungilnya. Padahal tiap bikin menu selalu diselipkan sayur. Paling susah kalau mau nyelipin sayuran hijau.
Resep ini sebenarnya udah pernah aku coba beberapa kali. Namun baru kali ini bisa mengetik dan posting di blog.

Mie Hijau Chuz's Kitchen

Bahan:
-300 gr tepung terigu
-75 gr sawi, cincang
-2 butir telur
-2 sdm minyak
-1 sdt garam
-tepung tapioka utk taburan

Cara membuat:
- Blender sawi dengan telur campurkan ke dalam tepung terigu. Uleni sampai kalis.
- Tambahkan minyak secara bertahap.
- Tambahkan air/tepung bila dirasa perlu
- Bagi adonan menjadi beberapa bagian (3-4 adonan). Taburi tepung tapioka. Gilas sampai tipis. Kalo punya gilingan mie lebih mudah. Tapi karena ga punya gilingan mie,jd manual deh dipotong pakai pisau. Caranya,gulung mie yg sudah digilas tipis lalu diiris tipis2. Kalo udah jgn lupa taburi tepung tapioka lagi. Simpan dalam wadah kedap udara. Bisa tahan seminggu d kulkas

Mie Kuning Chuz's Kitchen

Bahan:
-300gr tepung terigu
-3sdm labu kuning kukus
-1 butir telur
-1sdt garam
-2sdm minyak
-tepung tapioka utk taburan

Cara membuatnya sama yaaaaa. Kenapa telurnya cuma satu? Karena labu kuning kukus mengandung banyak air jadi cairannya biar ga terlalu banyak.

Kalau mau buat mie warna lain bisa juga. Pakai bit untuk warna merah,wortel untuk warna oranye,tinta cumi untuk warna hitam,ubi ungu untuk warna ungu. Silakan berkreasi :)

Resep pelengkap

Kuah
Rebus ayam/ikan beserta tulang dgn api kecil sampai mendidih. Sebelumnya ditmbhkan bawang putih digeprek. Tambah garam,lada,gula pasir sesuai selera

Tumis ayam/ikan
- ayam/ikan potong2 dadu/suwir2
-bawang putih cincang
-bawang bombay cincang
-saus teriyaki,saus tomat,kecap manis,kecap asin
-garam,lada,gula pasir

Cara membuat:
- Tumis duo bawang sampai harum
- Tambahkan ayam/ikan
- Tambah air dari kuah sedikit biar ada kuahnya
- Tambahkan saus2, garam,gula, dan lada sesuai selera. Masak hingga air meresap tapi jangan sampai habis.

Minyak bawang:
Geprek bawang putih yg banyak. Kalo mie ayam --> ambil kulit ayam tumis bersama bawang putih sampai minyaknya keluar. Kalo ga pake kulit ayam bawang geprek ditumis pakai minyak sampai bawang agak gosong. Simpan di wadah bersama bawangnya juga sampai digunakan

Penyajian
Atur mie,sawi yg sudah direbus,tumisan ayam/ikan,daun bawang iris,minyak bawang. Tuang kuahnya. Siap disajikan.

Silakan mencoba :)

Pumpkin Cheesy Muffin

Sebenarnya pumpkin cheesy muffin ini udah pernah aku posting sebelumnya di sini. Tapi kali ini aku sedikit utak atik biar dapat agak banyak. Yang lalu cuma jadi beberapa cup aja. Kali ini bisa jadi 6 cup besar + 3 cup kecil. Rasanya enak banget dan bikin kenyang. Bisa jadi alternatif sarapan atau bekal sekolah juga. Untuk anak yang lagi mpasi ini bisa dicobakan untuk usia di atas 1 tahun, sekalian belajar baby-led weaning juga :). Bikinnya juga gampang karena cuma tinggal aduk-aduk langsung panggang. Ini resepnya ;)

Pumpkin Cheesy Muffin (1y+)
Resep diadaptasi dari resep muffin pisang keju di buku rahasia masak wied harry dengan beberapa modifikasi

Bahan:
250 gr tepung terigu
60-75 gr gula kastor --> aku pakai gula pasir biasa, dikurangi jadi 50 gr
1 1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam --> bisa diskip
75 gr keju cheddar parut besar --> karena persediaan keju terbatas aku cuma pakai 50 gr
300 gr pumpkin puree (pumpkin dikukus, lalu dihaluskan, bisa memakai garpu atau blender) --> aku kurangi jadi 250 gr karena stok puree tinggal segitu :D
2 butir telur --> aku tambah jadi 3 butir
100 ml minyak goreng
1 sdm minyak untuk mengoles cetakan

Cara membuat:
Panaskan oven 200 derajat C. Olesi loyang muffin lubang 12 @100 ml dgn minyak goreng
Dalam mangkuk besar, masukkan tepung, gula, baking powder, garam, dan keju. Aduk rata. Sisihkan.
Dalam mangkuk lainnya, campur pumpkin puree, telur, dan minyak goreng. Aduk rata dengan spatula atau sendok kayu.
Tuang adonan pumpkin sekaligus ke dalam campuran tepung. Aduk asal campur dengan spatula atau sendok kayu (cukup 4-5 kali putaran)
Tuang adonan ke dalam 10 cetakan muffin --> tergantung ukuran cetakan
Panggang dalam oven yg telah dipanaskan tadi hingga muffin masak (15-20 menit)
Keluarkan muffin dari oven. Diamkan 3 menit, keluarkan muffin dari loyang, taruh di atas rak kue hingga hangat. Sajikan

Rabu, 22 Oktober 2014

Homemade Ice Cream, No SP, No eggs


Udah lama banget pengen bikin es krim sendiri. Sebelumnya kendala ga punya mixer takut ga jadi. Setelah punya mixer tinggal waktu eksekusinya aja. Tapi nyari resep yang cocok ga dapet2. Akhirnya gagal terus deh. Tapi kali ini dapet resep yg pas. Gampang bikinnya dan ga pakai SP ataupun telur. Resep dapat dari grup NCC. Resep asli ga pakai coklat bubuk tapi susunya coklat. Karena adanya susu yg plain jadi aku otak atik tambahin coklat bubuk.
Adonan sudah dimixer dan siap dibekukan

Homemade Ice Cream, No SP, No Eggs

Bahan:
- 200gr whipping cream bubuk --> aku pakai merk haan
- 500cc susu cair dingin dari kulkas --> aku pakai UHT full cream yg plain
- 3 sdm susu kental manis coklat atau bisa ditambah sesuai selera kemanisan atau bisa juga diganti dengan jus buah segar seperti strawberry, mangga, pisang, dll
- 2 sdm coklat bubuk --> tambahanku sendiri

Cara membuat:
Campur semua bahan dalam mangkok,mixer sampai kental dan mengembang. Tuang dalam cup. Bekukan di freezer
Gampang banget kan. Bisa disajikan dgn taburan meses,keju,susu kental manis. Enak dan bebas bahan tambahan. 

Selamat Mencoba :)
 
Saat disimpan di freezer menunggu beku

Senin, 02 Juni 2014

Eggless Moist Cupcake

Resep ini Farah Quinn punya. Gampang banget bikinnya. Ga perlu mixer,cukup aduk-aduk saja. Bahkan jika ga punya oven bisa dikukus. Punya saya ini saya panggang pakai happy call. Manggangnya pake api kecil sekali.

Teksturnya sangat lembut dan nyoklat banget meski ga pakai coklat batang. Dan irit juga karena tanpa telur.

Resep asli pakai cup tapi saya tulis pakai gram & sudah saya modifikasi sedikit

Eggless Moist
Original recipe from farah quinn modified by chuz's kitchen

bahan kering:
- 225 gr tepung terigu 
- 225 gr gula pasir (di blender halus)
- 40 gr coklat bubuk
- 1/4 sdt baking soda
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 1 tbs vanilla bubuk --> saya skip

bahan basah:
- 1cup air hangat
- 1/2 cup minyak goreng
- cuka (saya skip)

cara membuat:
- campur jadi satu bahan kering, aduk, ayak.
- campur jd satu bahan basah
- masukkan bahan basah ke bahan kering sedikit demi sedikit sambil di aduk perlahan pakai whisk/spatula sampai bahan basah habis. aduk rata perlahan (jgn lama2 nanti bantet).
- masukkan dlm cetakan cupcake, panggang/ kukus. saya panggang pake happycall selama 15 mnt. tes tusuk. Jika tidak ada adonan yg menempel di  tusuk gigi berarti sudah matang.

Selamat mencoba :)

Selasa, 06 Mei 2014

Bubur Ayam ala Chuz's Kitchen

Menyiapkan sarapan pagi seringkali membuat panik karena bingung mau masak apa. Apalagi kalau masih ada bocil. Riweuuuhh aja bawaannya. Nah kali ini aku mau share resep andalan *jiaaahhh* chuz's kitchen. Suami sampai ketagihan lho :p Bubur ayam praktis dan sehat. Ini resep udah ditagih banyak temen2. Jadi ga enak baru sempat posting sekarang. Keasikan jualan mulu :D

Bubur Ayam ala Chuz's Kitchen

Bahan bubur:
- 4 centong nasi
- 250gr ayam bagian apa aja,seadany di kulkas
- 1liter air
- 3-4 batang daun bawang,iris tipis
- 10 siung bawang merah iris tipis,goreng
- 3 lembar daun salam
- 2 batang serai,geprek
- 1 lembar daun pandan,ikat
- garam secukupnya
- lada putih secukupnya
- gula pasir secukupnya

Bahan tumisan ayam:
- ayam yang sudah direbus utk diambil kaldunya
- 2 siung bawang putih,cincang
- 250 ml air kaldu (sisa utk membuat bubur)
- 1sdm kecap manis
- 1/2 sdm saus tiram
- 1/2 sdm saus teriyaki
- 1/2 sdt garam
- lada putih secukupnya
- 1/2 sdt gula pasir

Cara membuat bubur:
1. Rebus ayam dengan daun salam,serai,dan daun pandan dengan api kecil. Masak sampai keluar kaldunya
2. Tiriskan ayam
3. Masukkan ke dalam panci nasi,tambahkan sekitar 750ml air kaldu+bumbu dedaunan.masak hingga air meresap.
4. Beri bumbu garam,lada,gula secukupnya. Test rasa. Jika sudah pas sisihkan. Jika air masih kurang tambahkan air biasa sedikit dan masak sampai air meresap

Cara membuat tumisan ayam:
1. Tumis bawang putih cincang dgn sedikit minyak
2. Masukkan ayam yang sudah direbus
3. Masukkan air kaldu sisa rebusan ayam
4. Tambahkan kecap manis,saus tiram,dan saus teriyaki. Tambahkan garam,lada putih bubuk,dan gula pasir. Test rasa. Kalau sudah pas sisihkan.

Cara menyajikan:
Ambil bubur dan taruh di wadah,beri ayam yg sudah disuwir2,tambahkan irisan daun bawang dan bawang merah goreng. Beri kuah tumisan ayam. Sajikan bersama kerupuk dan sambal.

Selamat mencoba :)

Minggu, 04 Mei 2014

Bakwan Tuna Sayuran (Tuna Veggie Fritters)

Posting tentang gorengan nih. Gegara suami suka banget sama bakwan,padahal aku ga terlalu suka. Kenapa? Karena terlalu banyak tepungnya. Ga sehat,digoreng lagi. Tapi sesekali ga apa lah. Akhirnya bikin nih bakwan. Biar tetep sehat harus full sayuran ya. Biasanya kan sayurannya pakai kol dan wortel tapi karena di kulkas cuma ada jagung, wortel,dan buncia jadilah pakai yang ada saja. Kebetulan masih ada sisa tuna cincang,masukkin aja deh biar makin enak. Ini resep orisinil cemplung2 aja :)

Bakwan Tuna Sayuran (Tuna Veggie Fritters)
Sumber: chuz's kitchen

Bahan:
- 6 sdm munjung tepung terigu
- 4 sdm munjung tepung beras
- 1 buah telur --> kocok lepas
- 100 gr tuna --> lumuri air lemon,diamkan 20 menit,bilas,cincang halus
- 1 buah jagung dipipil
- 5 batang buncis iris tipis
- 1 buah wortel ukuran sedang,cincang
- 1 batang daun bawang iris tipis
- 1sdm bawang bombay cincang
- air secukupnya

Bumbu halus:
- 1/2 sdm merica butir
- 2 siung bawang putih
- 1 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
- tumis bawang bombay cincang sampai harum. Masukkan tuna cincang masak sampai berwarna putih. Matikan api. Sisihkan
- campur tepung terigu, tepung beras,dan bumbu halus,tambahkan telur kocok. Aduk sampai rata,tambahkan air secukupnya sampai tekstur yang diinginkan.
- masukkan semua sayuran dan tumisan tuna. Aduk rata
- panaskan minyak (yang banyak ya). Siapkan sendok sayur dari stainless kalau ingin bakwan dicetak rapi. Jika tidak ingin dicetak cukup pakai sendok biasa.
- jika ingin dicetak pakai sendok sayur,celupkan sendok sayur ke dalam minyak yang sudah panas dan tunggu sampai sendok sayur cukup panas,beri sedikit minyak panas agar adonan tidak lengket.
- tuang adonan ke dalam sendok sayur yg telah dipanaskan dan diberi minyak,kemudian celupkan ke dalam minyak yang sudah panas. Tunggu sampai adonan dapat terlepas sendirinya
- lakukan sampai adonan habis
- goreng sampai berwarna kuning kecoklatan.
- siap dinikmati sebagai lauk atau teman minum teh :)

Note: jangan terlalu sering membolak balik bakwan karena akan semakin banyak menyerap minyak. Gunakan selalu minyak baru setiap menggoreng.

Begitu disajikan langsung ludes dan rafa doyan banget,padahal biasanya ga doyan yang berbau ikan. Alhamdulillah. Senang :))

Selamat mencoba :)

Selasa, 22 April 2014

Skotel Kentang

Paling sering bikin skotel kalo tiba-tiba ga punya ide mau masak apa. Jadi menu andalan juga kalo rafa lagi kumat pilih2 makanan. Skotel banyak banget variasinya,mulai dari makaroni,kentang,bihun,jagung,bahkan spagetti. Kali ini aku bikin skotel kentang. Bikinnya gampang dan yang penting rafa doyan,lahaaaaaappp. Alhamdulillah :)

Ini resepnya :)

Skotel Kentang

Bahan:
4 buah kentang ukuran sedang
100 gr ayam/daging/ikan cincang halus
50 gr wortel cincang halus --> bisa diganti sayuran lain seperti brokoli,kembang kol,sawi,atau sesuai selera
1 batang daun bawang,iris tipis
1 siung bawang putih cincang halus
1 sdm bawang bombay cincang
1 butir telur
50cc air kaldu/susu/air biasa
1 sdm tepung terigu
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Keju parut secukupnya untuk topping

Cara membuat:
1. Kupas kentang,potong dadu,rebus dalam air yang ditambah sedikit garam utk seasoning --> contek master chef ;). Rebus sampai "fork tender" maksudnya bisa ditusuk garpu. Tiriskan,haluskan.
2. Panaskan sedikit olive oil/minyak goreng biasa,tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
3. Masukkan daging/ayam/ikan,tumis sampai kaku/ berwarna putih,masukkan sayuran,daun bawang,tambahkan tepung terigu,aduk cepat.
4. Masukkan air kaldu/susu/air biasa,masak sampai meresap,tambahkan kentang yg sudah dihaluskan.
5. Tambahkan garam dan lada sesuai selera. Bisa juga ditambah keju parut jika suka. Aduk rata
6. Matikan kompor.
7. Kocok lepas telur,masukkan ke dalam adonan
8. Tuang ke dalam cup atau wadah tahan panas lain. Beri taburan keju parut di atasnya. Bisa pakai mozzarella biar bisa leleh.
9. Panaskan happycall/ oven/ kukusan.
10. panggang/kukus dalam happycall oven/ kukusan. Jika dikukus jgn lupa menutup tutup panci dgn kain agar air tdk menetes. Jika memakai happy call pakai api kecil,panggang sekitar 10 menit tiap sisinya. Jika memakai oven panggang sekitar 20-30 menit sampai permukaan keju kecoklatan/ leleh jika memakai mozarella

Mudah kan? Selamat mencoba :)

Rabu, 16 April 2014

Easy Garlic Bread

Pengen bikin sarapan atau cemilan yang gampang tapi tetep bergizi, ini salah satu solusinya. Biasanya makan garlic bread di pizza hut atau paparons. Rotinya pakai roti perancis. Kalo yang aku bikin ini pakai roti tawar biasa aja :) yang gampang dapetinnya. Makanya namanya easy garlic bread. Bisa juga untuk melatih anak makan sendiri lho. karena pegangnya mudah dan ga berceceran. Hehehe. Bisa dimakan gitu aja buat appetizer atau dimakan bareng sup krim. Yuk, diintip resepnya :)


Easy Garlic Bread

Bahan:
- 3 lembar roti tawar atau lebih
- 2 sdm olive oil
- 1 siung bawang putih, parut
- oregano secukupnya
- lada secukupnya

Cara Membuat:
1. Campur bawang putih dengan olive oil, aduk rata. tambahkan oregano dan lada bubuk secukupnya
2. Oleskan pada kedua sisi roti tawar
3. Panggang di atas teflon dengan api kecil sampai berwarna kecoklatan
4. Potong-potong dan sajikan
Rafa doyan banget :)
Gampang banget kan?
Selamat Mencoba!

Brownies aduk-aduk happycall

Punya happy call baru bikin pengen nyobain resep2 yang udah lama ngendon di hp. Sekaligus untuk coba nulis dari hp. Tapi agak gaptek,ga tau gimana nyusun yang bagus tulisannya. Harus berguru sama suhu suhu blogger lagi deh.

Back to the brownies. Brownies happy call ini bikinnya gampil,cepet banget. Dan yang pasti enak donk. Cukup luangkan waktu 30 menit udah jadi deh. Bisa disambi momong anak juga donk :D

Brownies Happy Call

Bahan:
100 gr margarin -- > aq ganti minyak goreng
150 gr coklat masak (dark chocolate), potong-potong kecil
100 gula pasir --> aq kurangi jadi 80gr aja
4 butir telur
150 tepung terigu
50 gram keju chedar parut
1/4 st vanili --> aq skip

Cara membuat:
1.     Tim coklat hingga meleleh,masukkan minyak goreng,aduk rata
2.     Angkat lalu masukkan gula, aduk rata
3.     Masukkan telur, aduk rata
4.     Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk
5.     Tuang dalam pan Happy Call yang sudah dipanaskan, taburi keju parut.
6.     Panggang selama kurang lebih 20 menit di atas api keciil --> aq cukup 10 menit. Hati2 kalau kelamaan atau api terlalu besar bagian bawah brownies bisa kering sekali
7.     Angkat (dengan spatula plastik atau kayu)
8.     Potong-potong, sajikan

Rasanya enaaaakkk,dan yang pasti mudah sekali,tinggal aduk-aduk saja.

Selamat mencoba!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...