Minggu, 04 Mei 2014

Bakwan Tuna Sayuran (Tuna Veggie Fritters)

Posting tentang gorengan nih. Gegara suami suka banget sama bakwan,padahal aku ga terlalu suka. Kenapa? Karena terlalu banyak tepungnya. Ga sehat,digoreng lagi. Tapi sesekali ga apa lah. Akhirnya bikin nih bakwan. Biar tetep sehat harus full sayuran ya. Biasanya kan sayurannya pakai kol dan wortel tapi karena di kulkas cuma ada jagung, wortel,dan buncia jadilah pakai yang ada saja. Kebetulan masih ada sisa tuna cincang,masukkin aja deh biar makin enak. Ini resep orisinil cemplung2 aja :)

Bakwan Tuna Sayuran (Tuna Veggie Fritters)
Sumber: chuz's kitchen

Bahan:
- 6 sdm munjung tepung terigu
- 4 sdm munjung tepung beras
- 1 buah telur --> kocok lepas
- 100 gr tuna --> lumuri air lemon,diamkan 20 menit,bilas,cincang halus
- 1 buah jagung dipipil
- 5 batang buncis iris tipis
- 1 buah wortel ukuran sedang,cincang
- 1 batang daun bawang iris tipis
- 1sdm bawang bombay cincang
- air secukupnya

Bumbu halus:
- 1/2 sdm merica butir
- 2 siung bawang putih
- 1 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
- tumis bawang bombay cincang sampai harum. Masukkan tuna cincang masak sampai berwarna putih. Matikan api. Sisihkan
- campur tepung terigu, tepung beras,dan bumbu halus,tambahkan telur kocok. Aduk sampai rata,tambahkan air secukupnya sampai tekstur yang diinginkan.
- masukkan semua sayuran dan tumisan tuna. Aduk rata
- panaskan minyak (yang banyak ya). Siapkan sendok sayur dari stainless kalau ingin bakwan dicetak rapi. Jika tidak ingin dicetak cukup pakai sendok biasa.
- jika ingin dicetak pakai sendok sayur,celupkan sendok sayur ke dalam minyak yang sudah panas dan tunggu sampai sendok sayur cukup panas,beri sedikit minyak panas agar adonan tidak lengket.
- tuang adonan ke dalam sendok sayur yg telah dipanaskan dan diberi minyak,kemudian celupkan ke dalam minyak yang sudah panas. Tunggu sampai adonan dapat terlepas sendirinya
- lakukan sampai adonan habis
- goreng sampai berwarna kuning kecoklatan.
- siap dinikmati sebagai lauk atau teman minum teh :)

Note: jangan terlalu sering membolak balik bakwan karena akan semakin banyak menyerap minyak. Gunakan selalu minyak baru setiap menggoreng.

Begitu disajikan langsung ludes dan rafa doyan banget,padahal biasanya ga doyan yang berbau ikan. Alhamdulillah. Senang :))

Selamat mencoba :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...