Minggu, 14 Mei 2017

Bumbu Dasar

Salah satu persiapan menjelang bulan ramadhan biar memasak jadi praktis. Hanya memang sedikit repot di awal, tapi worthed untuk penghematan waktu selanjutnya. Sebenarnya bumbu ini juga menyesuaikan kebiasaan memasak yg sudah dilakukan di rumah masing-masing, ada yg mengganggap malah jd repot nyiapinnya tapi ada yg sangt terbantu. Bahkan ada yg sampai jualan bumbu. Atau mungkin malah jadi pembelinya. Hehehe 

Kalo dari pengalaman saya, yg paling sulit itu justru mengumpulkan niat untuk membuatnya, buktinya ini draft resep udah ngendon dari 2 tahun lalu, tapi baru sekarang bisa posting :-P 

Dan ternyata setelah dijalani bikin, sukaaa banget, terbantu saat seperti sekarang yg lagi ditinggalin ART berlibur 3 hari (kapan giliranku ya :-/). Yg sudah langsung dipakai bumbu kuning dan putih, enaaakk dan praktis. Intinya recommended untuk dicoba ya ;-)
Selamat Memasak :-*

Bumbu Dasar Merah
- 100 gram bawang merah
- 50 gram bawang putih
- 400 gram cabai merah (buang bijinya)
- 50 gram kemiri
- 100 gram tomat
- 2 bungkus terasi udang
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdm garam
- 100 ml minyak goreng (saat memblender)
- 50 ml minyak goreng (saat menumis).

Bumbu ini cocok untuk memasak nasi goreng, sambal goreng, balado, tumis pedas (tinggal ditambahkan bumbu lain sebagai pelengkap sesuai masakan yg dibuat, misalnya di tambah lengkuas, salam, dan santan, dll)

Bumbu Dasar Kuning :
- 500 gram bawang merah
- 150 gram bawah putih
- 100 gram kemiri
- 50 gram kunyit
- 2 ruas jari jahe
- 1 ruas jari lengkuas
- 1 sendok makan lada bubuk
- 2,5 sendok teh garam
- 2 sendok teh gula pasir,
- 150 ml minyak goreng untuk memblender
- 50 ml minyak untuk menumis

Bumbu dasar kuning itu misalnya untuk macam-macam soto, pesmol, acar, terik daging, sampai bumbu ayam goreng dan mie goreng, kari, gulai (untuk yg mau dibuat pedas tinggal tambahkan bumbu merah sebagai campuran)

Bumbu Dasar Putih
- 250 gram bawang merah
- 100 gram bawang putih
- 50 gram kemiri
- 3 sentimeter lengkuas diiris halus
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok teh gula pasir
- 100ml minyak goreng (untuk memblender),
- 50 ml minyak goreng untuk menumis.

Bumbu ini cocok untuk hidangan seperti rawon, semur, bisa juga untuk tumisan mi goreng, dan oseng-oseng

Cara membuat Bumbu Dasar :
1. Haluskan semua bahan, kecuali gula dan minyak untuk menumis, hingga halus benar.
2. Panaskan minyak untuk menumis, serta tumis bumbu sampai harum dan matang. Masukan gula, tumis sebentar, angkat dan dinginkan.
3. Masukkan ke dalam plastik ziplock per porsi, simpan dalam wadah tertutup lagi misalnya tupperware. Simpan di chiller atau freezer untuk penyimpanan lebih lama. Bumbu siap digunakan.
4,. Bumbu dasar bisa di simpan dalam freezer selama tiga bulan. Jika ingin memasak, ambillah 1 bungkus dan masukan bumbu tambahan lain, seperti rempah2 daun salam, daun jeruk, serai,  daun kunyit, atau santan dll menyesuaikan menu yg dibuat ya ;-)

 

Sabtu, 13 Mei 2017

Banana Muffin (1y+) *Repost*

Beberapa waktu lalu bikin cemilan kesukaan rafa. Bahan dasarnya pisang yg sudah kelewat matang. Kebetulan ada pisang sepatu yg overriped.

Resep ini udah pernah kubikin dan posting 3th yg lalu, kali ini bikin lagi dan emank cocok banget sama resepnya. Cocok untuk cemilan berat ya

Selamat mencoba
)
Banana Muffin (1y+)

Resep diadaptasikan dari justtryandtaste

Yang saya tulis ini 1 resep ya, untuk 18 buah muffin, garis tengah 5 cm

Bahan:

- 190 gram tepung terigu serba guna

- 1/2 sendok teh baking soda (bisa skip jika tidak suka rasa baking soda dan takaran untuk baking powder ditambahkan 1/2 sendok teh)

- 1 1/2 sendok teh baking powder double acting dan pastikan fresh --> saya pakai baking powder biasa

- 1/2 sendok teh garam halus --> saya skip

- 3 buah pisang yang benar-benar matang --> saya pakai pisang sepatu yg sudah overriped (berbintik2 hitam)

- 150 gram gula pasir --> ganti pakai 100 gram gula palem
- 1 butir telur ayam
- 75 gram mentega/margarine, cairkan

- 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

Cara membuat:

Siapkan oven, set di suhu 190'C --> karena pakai oven tangkring saya panaskan dengan api besar, lapisi loyang muffin dengan mentega dan tepung atau jika menggunakan kertas cup maka masukkan kertas cup ke dalam cetakan muffin atau cetakan kue mangkuk. Sisihkan --> saya pakai cup momma dan langsung diletakkan di atas loyang besar dan datar

Haluskan pisang hingga menjadi adonan yang benar-benar smooth --> saya pakai garpu aja

Siapkan mangkuk, ayak tepung terigu, baking soda, baking powder, garam dan kayu manis bubuk. Sisihkan.

Cairkan mentega, biarkan agak mendingin 

Dalam mangkuk terpisah, kocok lepas telur dengan menggunakan garpu atau kawat pengocok telur. Kocok sebentar saja. Masukkan gula pasir, pisang halus dan mentega cair minyak goreng, kocok hingga tercampur rata.

Masukkan tepung terigu ke dalam larutan pisang & telur, aduk pelan hanya agar tercampur dan menjadi adonan basah saja. Jangan terlalu lama mengaduk, jika masih ada tepung yang menggumpal, biarkan. Saat muffin dipanggang adonan akan bantat.

Masukkan muffin ke dalam cetakan atau kertas cup, tinggi adonan 3/4 cetakan saja. Muffin akan mengembang saat di panggang. Jika adonan terlampau penuh hingga ke mulut cetakan maka ketika mengembang akan meluber ke luar,  muffin menjadi terlihat kurang cantik.
Panggang selama 20 - 25 menit, atau jika kita tusuk bagian tengah kue tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan dari oven.  Muffin siap dihidangkan atau simpan dalam freezer menggunakan wadah kedap udara. Muffin tahan hingga 2 minggu. Hangatkan di microwave atau oven jika akan disantap.

Tips agar kertas cup terlihat bersih, gunakan 2 lapis kertas. Ketika kue matang, kelupas dan buang kertas cup terluar. Kalau pakai cup momma seperti yg saya pakai ga perlu didobel lagi.

Selasa, 09 Mei 2017

Bubur Oat Pisang Keju

Biar ga bosen menu mpasinya ga melulu nasi, kali ini men brunch-nya pake oat. Emaknya ikut ngabisin. Hehehe bikinnya jadi agak banyakan dikit biar bisa cukup. Aufa ga terlalu suka pisang yeess tapi dibikin menu ini Alhamdulillah suka. Bikinnya gampang dan cepet pula, penting banget kan untuk emak-emak sibuk banyak acara :-p

Menu ini bisa untuk sarapan maupun cemilan. Untuk usianya kalau ikut pedoman WHO hajar aja cobain bisa dari usia 6 bulan, asalkan disesuaikan teksturnya. Perhatikan pula reaksinya, alergi atau tidak. Karena oatmeal serat tinggi, apalagi dibarengi dengan pisang, maka harus diimbangi dengan pemberian cairan yg cukup.

Hanya saja menu ini belum memenuhi 4 bintang, masih kurang 1 bintang yaitu protein nabati, mungkin bisa diakali dengan ditambahkan kacang cincang ya, kalo orang lokal halmahera sih hampir selalu kasih kacang tanah di setiap menu olahan pisang. Kalo di kota besar bisa almond juga ya ;)

Kalo si kakak mah makan pisang gitu aja bisa ngabisin setengah sisir sendiri. Hehehe jadi ga perlu campur kaya gini.. Saya kemarin pakai pisang manis yg kecil-kecil, orang sini bilangnya pisang mas, padahal bentuknya beda dikit, tapi kelupaan pisangnya ga ikut mejeng di foto. Tapi yg penting enak kok ;)

Selamat mencoba ;)

Bubur Oat Pisang Keju
Modifikasi chuz's kitchen
www.dokterchef.com

Bahan:
- 4 sdm oatmeal (saya pakai quacker yg biru, bisa diganti rolled oat juga)
- 5 buah pisang manis kecil, haluskan dengan garpu (bisa diganti pisang manis lainnya, kalo seperti pisang raja, cavendish, atau ambon cukup pakai 1 buah aja)
- 200ml air/susu/kaldu -- selera aja
- 2 sdm keju parut
- pisang potong2 untuk garnish

Cara Membuat:
1. Masak oatmeal dengan air/susu/kaldu di atas kompor sampai air menyusut
2. Masukkan keju parut dan pisang yg sudah dihaluskan
3. Aduk sampai rata, matikan kompor
4. Sajikan dengan potongan pisang atau keju yg diparut di atasnya sebagai garnish
5. Sajikan

Jumat, 21 April 2017

Pumpkin Pancakes

Kebetulan lagi ada stok labu kuning yg sudah dikukus di kulkas, udah direncanakan dari malam mau bikin pancake. Alhamdulillah jadi juga bikinnya meski rempong pagi-pagi. Resepnya dari martha stewart, tapi modif dikit sesuai selera dan feeling. Hehehe. Hasilnya lembut, rafa suka, emaknya ga dikasih. Sebelum dikasih gula, sisihkan dikit adonan buat adek aufa. Cuma dibejek-bejek aja sih, lebih memilih bubur 4⭐nya.  Untuk anak di bawah 1th bisa dijadikan cemilan ya, tapi sesuaikan aja bahannya. Kalau tidak sensitif atau alergi susu sapi, bisa tetap pakai UHT, kalo sensitif bisa diganti air biasa atau santan (jadinya kaya serabi donk :p). Gula untuk di bawah 1 tahun bisa diskip atau sejumput saja.

Selamat mencoba :-*

Pumpkin Pancakes
Recipes from martha stewart modified by me

Bahan:

Bahan kering:
- 175 gr tepung terigu protein sedang
- 2 sdm gula --> saya pakai gula palem
- 2 sdt baking powder
- 1/2 sdt kayu manis bubuk
- 1/2 sdt jahe bubuk
- 1/4 sdt garam
- 1/8 sdt pala

Bahan basah:
- 250 ml susu UHT, untuk hasil lebih fluffy bisa diberi 1 sdm perasan jeruk nipis atau lemon, diamkan sampai bergumpal
- 8 sdm puree labu kuning
- 2 sdm mentega, lelehkan
- 1 butir telur

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kering kecuali gula, ayak.
2. Masukkan gula ke dalam bahan kering yg sudah diayak.
3. Kocok bahan basah sampai rata.
4. Masukkan bahan basah ke bahan kering, aduk rata.
5. Panaskan teflon dengan api kecil, oles sedikit mentega.
6. Tuang adonan menggunakan sendok sayur agar ukuran sama.
7. Tutup
8. Balik pancake bila sudah kecoklatan bagian bawahnya.
9. Angkat jika sudah kecoklatan di ledua sisi.
10. Lakukan sampai adonan habis.
11. Sajikan dengan selai atau madu atau topping lain sesuai selera.

Orak-arik Sayuran

Menu ini jadi andalan kalo bingung mau masak apa, biar ga dobel-dobel masak sayur dan lauk, ya tinggal campur-campur aja. Warnanya cantiik sekali yaa.. Sudah memenuhi kaidah 4 bintang pula. Bisa dikreasikan ditambah dengan ayam suwir, atau bakso yg diiris-iris, atau sosis, rupa-rupa warnanya lah sesuai selera aja.

Selamat berkreasi :-*

Orak-arik Sayuran

Bahan:
- 1 buah jagung, serut
- 50gr buncis, iris bulat-bulat 
- 1 buah wortel ukuran sedang, iris dadu
- 1 batang daun bawang iris tipis
- 1 buah tomat ukuran besar, buang isi, cincang
- 2 butir Telur ayam
- 100 gr ayam suwir/bakso/sosis, cincang --> opsional
- Sedikit air/kaldu
- Minyak untuk menumis

Bumbu:
- 1/2 siung bawang bombay, cincang
- 3 siung bawang merah, iris tipis
- 2 siung bawang putih, iris tipis
- 1 sdt lada
- 1/2 sdt garam -- atau sesuai selera
- Sejumput gula pasir

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu dengan sedikit minyak sampai harum.
2. Masukkan wortel, aduk-aduk sebentar.
3. Masukkan jagung manis dan buncis, aduk-aduk lagi, lalu tuang sedikit air/kaldu.
4. Setelah beberapa saat, masukkan kocokan telur, aduk-aduk sampai telur hampir matang
5. Masukkan ayam suwir/bakso/sosis jika memakai, lalu masukkan daun bawang, aduk rata.
5. Masukkan bumbu lada, garam, gula.
6. Test rasa
7. Matikan api, siap disajikan dengan nasi dan sambal.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...