Minggu, 18 Agustus 2013

Cilok Ikan Tuna

 


Cilok ini adalah salah satu jajanan yang terkenal berasal dari daerah bandung (jawa barat). Cilok ini berbentuk bola-bola dengan ukuran bervariasi. Dan oleh penjual keliling disajikan dengan dicolok. Sehingga dikenal secara populer bernama cilok sebagai singkatan dari aci dicolok. Biasanya pedagang-pedagang cilok menjajakan dagangannya dengan dikemas plastik dan diberi sebatang lidi untuk menyantapnya. Bener2 kenangan masa2 SD dan SMP, aku tiap hari beli cilok. Dulu harganya masih 50 perak untuk ukuran kecil. Kalo agak besar 100 perak. Sekarang mana ada makanan dengan harga segitu :D. Biasanya cilok itu diisi atau dicampur dengan daging (tapi kalo yang dijual keliling si cuma aromanya aja yang daging, dagingnya ga tau kemana L). Karena pengen bikin sendiri dan karena adanya ikan tuna di kulkas, yuk mari deh dibikin ciloknya dicampur sama ikan tuna biar tambah sehat. Hehehe ;) Ini resepnya dari sini (aku bikin setengah resep). 
Bahan: 

- 100 gr daging ikan tengiri giling (aku ganti ikan tuna)
- 1 butir telur
- 75 ml air
- 175 gr tepung kanji
- 75 gr tepung terigu
- 2 siung bawang putih dicincang halus
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt merica 
- Air utk merebus



Cara membuat : 
- Blender daging ikan bersama telur dan air sampai tercampur rata
- Masukkan dalam tepung kanji yg sudah dicampur terigu.
- Tambahkan bawang putih, garam, dan merica

 
- Uleni sampai kalis
- Bentuk bola2 dengan ukuran yang diinginkan
- Rebus sampai matang dan mengapung


 
- Angkat. Kukus selama kurang lebih 10 menit.
- Sajikan dgn saus kacang, saus sambal dan kecap (aku kemarin ga pake sambal kacang, soalnya lagi ga punya stok kacang).

Kata suami enak, alhamdulillah bisa bikin cemilan sendiri, bebas bahan pengawet dan bahan tambahan lainnya :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...