Sabtu, 31 Agustus 2013

Pumpkin Cinnamon Roll (1y+)

 
Yeay! Pumpkin lagi pumpkin lagi. Hehehe. jangan bosen ya kalau baca resep yang seringnya olahan pumpkin. Soalnya lagi program bikin suami doyan pumpkin nih (secara dia ga doyan olahan buah yang lain) Lho,,kok buah? Apa hubungannya? Ehm, kalau untuk sebagian besar orang, pumpkin itu masuk sayuran, tapi menurut suamiku, pumpkin itu buah yang artinya dia ga doyan. Makanya, biar dia doyan, aku olah jadi makanan yang anti tolak :D

Kalau sebelumnya aku olah pumpkin ini jadi pumpkin bread yang teksturnya seperti cake dan memang tidak menggunakan ragi. Nah, kali ini beneran roti, dan pakai ragi. Dapet resepnya dari link favoritku, justtryandtaste.com yang udah dimodif dikit. Kalau resepnya JTT pakai raisin (kismis) aku ga pakau, karena selain di tobelo sini ga ada (poor me :( ) suami juga ga doyan. Tapi meski ga pakai kismis tetep enak, yummy banget deh pokoknya. 

Pumpkin Cinnamon Roll
Resep aslinya dari web King Arthur Flour - Cinnamon-Swirl Pumpkin Rolls
Untuk + 20 roti gulung 

Bahan untuk adonan roti:
- 420 gram puree labu kuning (kukus labu dan haluskan, kalau airnya banyak, diperas ya)
- 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
- 2 sendok makan air hangat 
- 450 gram tepung terigu protein tinggi (karena di sini ga ada, aku pakai protein sedang)
- 30 gram susu bubuk
- 1 sendok teh kayu manis bubuk
- 4 sendok makan gula palem
- 1 1/2 sendok teh garam
- 3 sendok teh ragi instan (pastikan fresh dan masih aktif)
- 50 gram mentega/margarine

Bahan untuk lapisan isi:
- 3 sendok makan mentega/margarine
- 150 gram gula palem
- 4 sendok makan kayu manis bubuk 

Cara membuat:
Membuat adonan roti
- Siapkan mangkuk ukuran sedang, campur dan ayak  gula palem dan kayu manis bubuk menggunakan saringan kawat dengan lubang yang agak besar hingga gula tidak bergumpal dan bercampur rata dengan kayu manis. Sisihkan. 
- Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung terigu, kayu manis bubuk, gula palem, susu bubuk, air hangat  dan ragi instan, aduk rata menggunakan spatula. Masukkan garam, aduk hingga rata.
- Tuangkan telur kocok ke dalam tepung, aduk menggunakan spatula hingga telur tercampur dengan tepung. - Masukkan puree labu kuning ke dalamnya. Aduk semua bahan menggunakan tangan hingga tercampur rata. 
- Siapkan meja kerja, tabur permukaan meja dengan tepung secukupnya, tuangkan adonan ke atas permukaan meja. Uleni adonan dengan menggunakan kedua tangan hingga adonan menjadi lembut dan lentur, taburkan tepung sedikit demi sedikit ke permukaan meja jika adonan dirasa terlalu lengket. Teruskan menguleni sekitar 10 - 15 menit hingga tidak terasa lengket di tangan dan meja.
- Adonan yang terbentuk memang lembek jadi usahakan jangan menambahkan tepung terlalu banyak.
- Ketika adonan diistirahatkan maka akan menjadi lemas dan lentur.
- Beri mentega pada adonan, campurkan dengan meremas-remas adonan dan mentega hingga mentega tercampur rata. Uleni hingga adonan kalis.
- Olesi mangkuk bekas adonan dengan minyak goreng, letakkan adonan yang telah dibulatkan di dalam mangkuk. Tutup dengan kain bersih dan istirahatkan selama + 45 - 1 jam atau hingga adonan mengembang minimal 2 kali lipat. 
- Panaskan oven di suhu 190'C. Letakkan rak kawat di tengah oven dan siapkan loyang dengan sisi yang cukup tinggi. Anda bisa menggunakan loyang berbentuk segi empat atau bulat. Olesi dengan margarine pada permukaannya. Sisihkan.
- Kempiskan adonan, bagi menjadi dua bagian. Gilas masing-masing adonan menjadi empat persegi panjang dengan ketebalan minimal 1,5 cm. 

- Olesi permukaan adonan dengan mentega/margarine menggunakan kuas atau spatula hingga merata pada permukaannya. Taburi permukaan adonan dengan lapisan isi (gula palem + kayu manis bubuk).
- Gulung adonan sambil ditekan dengan permukaan tangan agar memadat. Dengan menggunakan pisau, buat garis batas di gulungan adonan untuk membagi adonan menjadi potongan-potongan yang sama besarnya.
- Potong-potong adonan menggunakan pisau tajam dan tata potongan adonan di loyang dengan sisi potongan menghadap ke atas. Beri jarak antar adonan karena potongan adonan akan mengembang. Tutup dengan kain bersih dan biarkan selama 15 menit atau hingga adonan menjadi mengembang.
- Panggang roti di oven yang telah panas, selama + 15 - 20 menit. Jika permukaan roti telah kecoklatan maka roti dianggap telah matang. Keluarkan dari oven dan biarkan menghangat.

Rasanya mantap euyyy.. Perpaduan pumpkin, kayu manis, dan gula palemnya bikin ketagihan. Mungkin kalau pakai kismis lebih enak lagi ya.. Selamat mencoba! :)

Sebagian aku bikin bentuk bulat, diisi sama coklat blok cincang, yummyy :p
 Tuh rafa lahap banget makannya :) jadi ini bisa jadi cemilan sehat ya mom, tapi tentunya kalau masih di bawah 1th, bisa disesuaikan bahan2nya dan harus dibatasi konsumsinya karena mengandung gluten.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...