Minggu, 04 Agustus 2013

Martabak Telur (1y+)

Dari dulu suka banget sama yang namanya martabak, mau asin mau manis tetep favorit deh. Karena sebelumnya udah bikin martabak manis, kali ini pengen nyoba yang asin. Dan biar rafa juga bisa makan, bikin kulit dan isinya dibedain yang tanpa garam :D. Search resep nemu di blognya  resep4.blogspot.com. Tapi dimodifikasi dikit menyesuaikan isi kulkas ^.*


Martabak Telur
chuz's kitchen

Bahan Kulit:
- 200 gr tepung terigu
- 30 ml minyak sayur utk campuran adonan
- 1/2 sdt garam (skip utk under 1y)
- 160 ml air
- minyak sayur secukupnya untuk merendam

Bahan isi:
- 250 gram ayam cincang (bisa diganti sesuai selera ayam, ikan, atau daging)
- 2 siung bawang putih dicincang halus
- 4 siung bawang merah, diiris halus
- 1 batang daun bawang, diiris halus
- 1 buah bawang bombay, diiris halus (aku ga pake, soalnya lagi ga ada stok)
- Garam dan merica sesuai selera
- 2 butir telur ayam/bebek sesuai selera (harus lolos test alergi dulu kalo buat bayi under 1y ya)

Cara membuat kulit martabak telur :
- Campur semua bahan hingga rata dan kalis
- Bentuk bulat, olesi permukaan adonan dengan minyak sayur, diamkan sekitar 10 menit
- Timbang adonan seberat 40 gram dan bulatkan
- Istirahatkan adonan kurang lebih 1 jam dan lumuri permukaan adonan dengan minyak sayur

Cara membuat isi martabak telur :
- Sangrai bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai harum
- Masukkan ayam/daging/ikan cincang, tumis sampai berubah warna
- Masukkan bumbu lainnya
- Aduk terus hingga matang

Cara membuat martabak telor :
1. Kocok telur dan campurkan dengan bahan isian, sisihkan
2. Ambil 1 adonan kulit lalu gilas sampai tipis
3. Ambil bahan isian secukupnya, taruh di atas adonan kulit yang sudah digilas tipis
4. Tutup dan lipat kemudian goreng sampai matang (aku pake frying pan biar tetep rata permukannya)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...