Sabtu, 10 Agustus 2013

Biterballen aka Kroket Ayam Sayuran (1y+)


Lagi bingung banget bikin menu buat rafa. Usia rafa udah nanggung nih, 1 th lewat 2 hari :D. jadi sebenarnya udah banyak pilihan menu yang bisa dikasih buat rafa, tapi masih terbatas juga mengingat harus pelan2 mengenalkan makanan dan bumbu2 baru. Apalagi rafa lagi ga mau makan nasi (gaya banget) dan susah makan protein, kalo sayur mah langsung hap hap, hehehe, untuk yang satu ini seneng deh, anak2 lain kan malah susah makan sayur. Akhirnya harus mikir makanan 'one dish meal' (1 makanan udah ada karbo, sayur, sama lauknya). Di kulkas ada ayam cincang sama wortel. Tring... Langsung kepikiran bikin kroket ini. Ketik di google nyangkut di blognya mbak rina audie. Tapi dimodif dikit pakai sayuran dan tepungnya diganti biar gluten free :) Kroket ini bisa juga lho buat mpasi bayi2 BLW (baby-led weaning). Gampang dipegang dan teksturnya lembut banget.

Bahan:
100 ml susu cair (aku pakai uht plain)
200 ml air kaldu (karena lagi ga ada stock, aku ganti air biasa)
1/2 sdt garam (under 1y skip)
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir (under 1y skip)
1/4 sdt biji pala parut/bubuk (aku ga pakai)
50 gr margarin (aku ganti extra light olive oil 1 sdm)
5 butir bawang merah, cincang kasar
2 siung bawang putih, cincang halus
1 batang daun bawang, iris halus
150 gr tepung terigu (aku ganti tepung  beras 50 gram+kentang kukus yang dihaluskan pakai punggung sendok 100 gram)
150 gr daging ayam/sapi, direbus, cincang halus
1 butir telur ayam, kocok lepas (harus lulus tes alergi ya)
tepung roti/panir kasar secukupnya (aku pakai yang ga terlalu kasar, pakai merk kobe, kalau yang mamasuka terlalu kasar buat rafa)

Cara membuat :
1. Dalam sebuah wadah campur susu cair, air kaldu, garam, merica bubuk, gula dan pala parut, aduk rata. Cek rasanya, sisihkan.
2. Masukkan terigu tepung beras dan kentang kukus yang sudah dihaluskan dalam sebuah wadah kemudian tuangi larutan susu dan kaldu air tadi. Tuang pelan-pelan sambil diaduk rata sampai menjadi adonan yang licin. Sisihkan
3. Panaskan margarin olive oil sampai meleleh. Masukkan bawang merah, bawang putih dan daun bawang, aduk sampai wangi. Masukkan larutan terigu tepung beras dan ayam cincang, aduk sampai rata. Masak adonan sampai agak kering/kalis. Jangan lupa supaya diaduk sampai ke dasar wajan supaya tidak berkerak. Matikan api dan dinginkan.
4. Ambil selembar plastik dan olesi minyak goreng. Letakkan adonan sebanyak 1/2-1 sdm, bentuk bulat/oval. Masukkan dalam telur kocok dan gulingkan dalam tepung panir. Biarkan selama minimal 30 menit supaya tepung panir melekat sempurna.
5. Panaskan wajan dengan minyak banyak. Goreng biterballen sampai kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Aku masak pakai 1/2 resep di atas. Hasilnya 8 buah kroket. yang uenaaakkk. Rasanaya manis dan gurih. Rafa lahap banget. Senangnyaaaaa :)

2 komentar:

  1. Kemarin udah nyoba yg bola mie kriuk buat bekal nai, pgn nyoba inii :) thx mak...

    BalasHapus
  2. @dewi rieka: wah,,senangnya bisa bemanfaat resepnya :) semoga nai juga suka ya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...