Minggu, 11 Oktober 2015

Step by Step Floral Wreath Buttercream Cake

Sudah lama sekali mupeng bisa bikin cake yg atasnya ada bunga-bunga nemplok. Apalagi di timeline FB juga bersliweran. Mau nyobain maju mundur terus. Qadarrulloh kemarin ada yg pesan cake, dekor terserah dan kebetulan cocok banget karena dipesan untuk mamanya. Dan cocoknya lagi karena ga "ngarani" harga. Hehehe. Malah bilang kalo sebagus mungkin. Bismillah,, menyiapkan bahan-bahan dan tentunya harus baking cake dulu yg mana bagian termalas kalau mau bikin cake dekor itu ya baking cakenya. Hehehe. Maunya udah ada cakenya kita tinggal menghias, lha tapi cakenya sopo.. ya udah langsung bake cake andalan yang udah berkali-kali dipakai, memuaskan dan kokoh untuk dihias-hias. Lihat resep moist fudge cake atau di sini. Bikinnya cepet tapi tetep enak.. untuk buttercream saya coba resep baru, kalau biasanya pakai resep mba besta udah saya post juga di sini, kali ini separo pakai resep mba besta separo percobaan. 

Buttercream ala chuz's kitchen 

Bahan:
500 gr mentega putih/ shortening
135 gr icing sugar --> ayak
100 gr susu kental manis
27gr susu bubuk instan yg plain (1 sachet)
1 sdt vanilla extract --> pastikan halal yaaaa

Cara Membuat:
1. Kocok dengan kecepatan tinggi mentega putih sampai mengembang dan tidak mengendal (udah ga nempel di langit2 mulut kalau diicipin) --> penting mengenal sifat mentega putih karena kalau overmixing bisa lembek, jadi cukup sampai ga ngendal aja.
2. Masukkan bahan-bahan lain, kocok lagi sampai rata saja dengan kecepatan sedang.
3. Kalau tidak langsung digunakan, masukkan dalam wadah tertutup. Di luar kulkas tahan 1 minggu. Kalau sisa boleh masuk kulkas tahan sebulan. Setelah masuk kulkas harus dithawing sampai suhu ruangan. Tapi saran saya lebih baik membuat buttercream secukupnya, karena buttercream yg sudah masuk kulkas kurang kokoh kalau dibentuk bunga. 

Lalu setelah membuat buttercream selanjutnya ke tahap coating cake. Saya belajar juga otodidak, googling sana sini. Dan saya coba rangkumkan yaaaa.

Ada tahapan untuk memoles buttercream biar buttercream kita ga kotor kena remah-remah cakenya. Ini ada tips bagus dari dapur solia 

How to Crumb Coat a Cake

Sebelumnya ada hal yg perlu diperhatikan karena sangat penting: 
(1) bahan yang bagus
(2) alat yang baik
(3) resep yang teruji
(4) ketrampilan yang memadai. 

Nah, bagaimana melakukan crumb coating? Crumb, atau remah-remah, akan mengotori buttercream jika tidak "diikat". Crumb coating perlu dilakukan untuk menghasilkan icing yang bersih dan rapi. Jadi inget banget pertama kali menghias cake, ga ngerti lab macam ini, stress doank jadinya. Jangan diulang lagi deh, alhamdulillah sekarang ga bingung lagi.

Crumb coating dilakukan setelah:
- cake diratakan (leveling)
- cake dibelah (torting
- cake diberi isian (filling)
- cake disusun (layering)  
- pinggiran cake dipangkas (trimming)

Step by step crumb coating
Gambar saya buat kolase dari dapur solia. 
(1) Letakkan cake di atas alas kue lalu pangkas pinggirnya supaya rapi (di-trim). Geser2 hingga cake berada tepat di tengah2. Naikkan ke atas meja dekor yang bisa diputar (lazy suzan).
2) Poles bagian samping cake dengan buttercream. Untuk memudahkan, gunakan plastik segitiga atau spuit besar pipih ketika melakukannya. Setelah bagian samping selesai, lanjutkan dengan bagian atas.
Catatan: jangan memoles terlalu banyak karena tujuannya hanya untuk mengikat remah2 saja. 
3) Ratakan buttercream dengan menggunakan spatula. Buang buttercream yang berlebih. tips agar bisa menghasilkan polesan yang licin dan mengkilat, selalu celupkan spatula ke air panas sebelum dipoleskan ke buttercream. Celup, lap pakai tisue, poles. Celup, lap, poles, begitu terus sampai licin.
4) Masukkan cake ke dalam kulkas bawah selama 20 hingga 30 menit.  
Catatan: sebaiknya tidak dimasukkan ke kulkas atas karena permukaan akan menjadi basah dan berair ketika dikeluarkan (hal ini dikarenakan suhu di dalam freezer jauh berbeda dengan suhu ruangan).
5) Setelah buttercream (BC) menjadi keras, keluarkan dan lanjutkan memoles dengan buttercream sampai seluruh permukaan cake tertutup rata. Untuk coating kedua ini gunakan buttercream lebih banyak dan tebal supaya warna asli cake tertutup seluruhnya. Lakukan secara cepat supaya lapisan BC yang pertama tidak keburu lunak dan bercampur dengan lapisan kedua.

Tips and Tricks:
1) Selipkan potongan kertas roti atau kertas HVS bersih di antara cake dan alas kue untuk mengurangi noda pada alas kue. Catatan: cabut kertas ini ketika cake sudah selesai dipoles.
2) Untuk menghasilkan cake yang geometris, selalu trimming sisi2nya sebelum dicrumb coated. Untuk cake berbentuk kotak, gunakan pisau gergaji (serrated knife).
3) Gunakan spatula, yaitu pisau berujung bulat dan tidak tajam, untuk memoles BC. Pilih spatula berkualitas baik, tidak lentur dan panjangnya sesuai dengan cake yang akan didekor.
4) Jika ada bagian yang tidak sempurna pada bagian sudut, tutupi dengan hiasan untuk border. Motif yang biasa digunakan a.l. motif kerang biasa, kerang kerang vertikal, kerang lilit, kerang berdiri, kerang tumpuk, stringwork dll.
5) Practice makes perfect. Jam terbang membuat tangan kita semakin terampil. 

Setelah itu memasuki tahap menghias. Siapkan paku mawar, kertas roti yang sudah dipotong kecil ukuran menyesuaikan ukuran paku mawar dan bunga yang akan dibuat, dan wadah yg akan digunakan untuk menyimpan bunga-bunga yg sudah dibuat. Ukuran wadah harus disesuaikan dengan ukuran freezer.

 
 Sumber foto dari google image

Setelah itu buat satu per satu bunga. Kebetulan belum bikin dokumentasi per bunga. Doakan bisa segera membuatnya. tapi saya carikan dari google dulu sebagai gambaran.

Sumber google image

Setelah membuat satu per satu bunga, selanjutnya menyimpannya di freezer sampai bunga menjadi keras dan siap untuk ditempel atau diaplikasikan ke cake yang sudah dipoles licin buttercream.






Semoga cukup membantu yaaa. Otodidak aja bisa kok, practice makes perfect. Semoga selanjutnya saya bisa buat tutorial yang lebih lengkap yaaaaa ;)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...