Sabtu, 31 Oktober 2015

Rolade Tahu Daun Singkong Tanpa Telur Tanpa Gluten

Dalam rangka memperbanyak menu dengan bahan sayur kemarin langsung beli daun singkong 1 ikat. Sebagian direbus langsung dipakai lalapan sebagian dibikin rolade ini biar rafa dan papanya makan. Untuk picky eater menu ini boleh banget dicoba.

Manfaat Daun Singkong
Berbagai penelitian menyebutkan bahwa di dalam daun singkong ada berbagai kandungan asam amino yang diperlukan tubuh baik untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Dalam kaitan mencerdaskan otak ada beberapa asam amino yang terkandung dalam daun singkong yaituasam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan. Selain itu daun singkong dapat di gunakan sebagai obat penambah darah karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Daun Singkong mengandung energi sebesar 73 kilokalori, protein 6,8 gram, karbohidrat 13 gram, lemak 1,2 gram, kalsium 165 miligram, fosfor 54 miligram, dan zat besi 2 miligram. Selain itu di dalam Daun Singkong juga terkandung vitamin A sebanyak 11000 IU, vitamin B1 0,12 miligram dan vitamin C 275 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daun Singkong, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 87 %.

Rolade yg biasanya kan dikukus dibentuk memanjang kemudian diiris bulat dan digoreng seperti untuk sup itu, tapi rolade yg ini tidak melalui proses pengukusan tapi langsung saja tahu yg dihaluskan dicampur dengan daun singkong rebus yg diiris dan diberi bumbu, baru kemudian dibenuk bulat dan digoreng. Nah karena mikir gimana biar lebih sehat, akhirnya disingkirkan telur. Pelapis diganti tepung yg bebas gluten, yaitu campuran teping beras, tapioka, dan maizena dengan perbandingan 7:2:1.

Ada trik biar rolade ini enak,, yaitu kita harus bermurah hati ngasih bumbunya. Jangan pelit. Hehehe. Soalnya pengalaman sebelumnya bikin hambar. Kali ini tidak lagi. Daun singkong yang dikombinasikan dengan tahu menang menghasilkan adonan yang hambar. Kalau beli kan biasanya penyedapnya banyak tuh, nah kalo bikin sendiri tinggal dibanyakin bumbunya dan ditambahkan sejumput ebi bubuk atau kalau tidak suka ya ebi dihilangkan.

Oh ya, untuk membuat adonan pelapisnya jangan terlalu encer, karena kalau terlalu encer, tahu dan daun singkong akan berhamburan ketika digoreng.

Hasilnya,, rafa lahap lhooo.. papanya juga. Yeayyy berhasiiiill ;)

Just cook for kids and you will get more than food :-*

Happy cooking!

Rolade Tahu Daun Singkong Tanpa Telur Tanpa Gluten
Chuz's Kitchen

Bahan :
300 gr tahu putih
1 ikat daun singkong, direbus sampai empuk, setelah ditiriskan sekitar 200gr

140 gr tepung beras
40 gr tepung tapioka
20 gr tepung maizena
150-175ml air

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
1 sdt lada bubuk
7 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 cm kunyit
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Bungkus tahu dengan serbet bersih, peras sampai tiris. Haluskan tahu, sisihkan. 
2. Peras daun singkong rebus sampai habis airnya (kira-kira beratnya 200 gr). Kemudian iris-iris halus daun singkong kemudian campur dengan tahu halus.
3. Beri 2/3 bumbu halus campuran tahu dengan daun singkong, aduk rata. Icipi rasanya. Jangan sampai kurang garam yaaaa.. tapi kontrol jangan sampai kebanyakan juga. Secukupnya saja.
4. Ambil adonan 1 sdm, bentuk bulat sambil dikepal-kepal supaya padat. Lalu pipihkan (atau biarkan bentuk bulat juga boleh). Lakukan terus sampai habis. Sisihkan.
5. Dalam wadah yang lain campur semua tepung dan sisa bumbu halus, tuangi air sampai rata dan kental. Icipi rasanya.
6. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak. Celupkan adonan ke dalam adonan tepung sampai terbalut rata. Goreng dalam minyak dengan api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama cabe rawit.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...