Jumat, 06 November 2015

Cilok Sawi

Setiap ada tukang jual pentolan di depan puskesmas semuaaa langsung menyerbu,,tak terkecuali rafa juga langsung keluar,tapi tetep mamanya kekeuh ga beliin. Kenapa? Karena ngeri aja sama penyedap rasanya. Akhirnya mamanya janjiin pulang kerja bikin aja sendiri. Bikinnya gampang, ga pake lama. Bisa diselipin sayur pula. Asik kan.. ciloknya beda sih sama yg di penjual itu, entah gimana bikinnya, tapi dari segi rasa dan tekstur beda. Tapi yg jelas ini lebih sehat.

Resep cilok banyak bertebaran di internet,, saya adaptasi dari beberapa resep lalu saya sesuaikan dengan bahan yg ada di rumah. Oh ya,,waktu menguleni ga boleh terlalu bersemangat ya,,karena bisa bikin ciloknya keras. Dan lumuri tangan dengan sedikit minyak agar mudah saat membentuk cilok menjadi buat mulus. Kemudian perhatikan juga cara merebus ciloknya,,sebelum air mendidih atau saat sudah mulai ada gelembung kecil di tepi mulai masukkan cilok,,rebus sampai mendidih dan dilanjutkan sampai 15 menit agar betul-betul matang dan tidak terasa lagi tepungnya. Kunci lainnya biar  terasa enak harus berani ngasih bumbu apalagi jika tidak menggunakan penyedap rasa. Makanya saya beri bumbu agak banyak. Untuk sambal pelengkap boleh sambal kacang atau saos saja biar praktis. Hehehe

Happy Cooking ;)

Cilok Sawi
Chuz's kitchen

Bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang atau serbaguna
150 gram tepung tapioka
275-300 ml air panas
3 siung bawang putih haluskan
2 batang daun bawang yang kecil, ambil bagian daun,iris halus
5 lembar daun sawi yg besar, cincang
1 sdt ebi sangrai yg sudah dihaluskan
1 sdt merica bubuk
1 sdt garam atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Campur tepung terigu, sawi, ebi, dan bumbu2 lain.
2. Tuangi air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk pakai sendok kayu atau sendok nasi, sampai adonan basah, kalau dirasa sudah cukup basah hentikan penambahan air.
3. Masukan tepung tapioka, aduk asal rata, ingat jangan terlalu bersemangat menguleni, biar ciloknya kenyal.
4. Siapkan air untuk merebus cilok. Pakai api sedang saja.
5. Bentuk adonan pakai tangan yang sudah dilumuri sedikit minyak agar tidak lengket. Rebus atau goreng sedikit adonan, icip dulu, kalau sudah pas baru lanjut membentuk.
6. Masukkan adonan yang sudah dibentuk sebelum air mendidih sempurna atau saat sudah mulai ada gelembung kecil di tepi mulai masukkan cilok,,rebus sampai mengapung dan air mendidih. Kemudian dilanjutkan sampai 15 menit agar betul-betul matang dan tidak terasa lagi tepungnya.
7. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan sambal kacang atau saus. Kalau mau tetap hangat taruh di kukusan yang dipanaskan sampai saat akan di sajikan.

Selamat Mencoba

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...