Minggu, 08 November 2015

Step by Step Homemade Eggless Pasta (Membuat Sendiri Pasta Tanpa Telur)

Siapa yang suka makan mie? Ngacung.. siapa suka mie instan ngacung.. hehehe bangak pastinya ya.. emank enak sih,,tapi saya pribadi udah lama meninggalkan konsumsi mie instan, terutama sejak ada rafa. Palingan buat kangen-kangenan. Ciyeee kaya apa aja kangen kangenan. Kalopun bikin mie ya pakai mie telur trus dimasak sendiri, kasih sayuran yang banyak. Nah,,tapi mie telur kan ya ada pengawetnya yak,, padahal saya lagi meminimalkan makanan pabrikan.

Dulu pernah bikin mie hijau homemade, yang pake sawi sebagai pewarna alaminya, tapi resep itu masih memakai telur. Nah kali ini utak atik resep bisa deh bikin mie tanpa telur. Yeaaayyy... Ga punya pasta maker/ gilingan mie? Jangan khawatir,, tetap bisa kok bikin mie sendiri, modal botol kaca sama pisau aja eh tapi bahan untuk bikin mie-nya ya harus ada juga :p. Kalau mau nyelipin sayur bisa banget,,tinggal tambahkan sayuran yg diblender pakai sedikit minyak yang ada di resep, campurin deh.. makin berwarna deh tuh pasta. Kalau mau dibikin siomay ala-ala dimsum ya tinggal dibedain cetaknya sama diisi trus kukus deh.. tapi tetap ya untuk konsumsinya dibatasi 3 hari sekali untuk memberi waktu pencernaan mencerna si gluten. Jangan keasikan bikin mie trus makan tiap hari. Dan jangan lupa sajikan dengan taburan sayuran. Resep di bawah menggunakan coconut oil atau minyak kelapa, wangiiiii banget. Enakkk.. kasih basil dan oregano dikit buat memperkaya rasanya. 

Rafa tertarik banget waktu mamanya uprek,,ngikutt rolling-rolling, ngikut nggulung,, ngikut nabur tepung. Lumayan kan sekalian ngajakin aktivitas. Habis itu waktu matang bilang "enak mama, ga usah beli mama bikin sendiri". Uhuuyy lebih hemat juga pastinya. Asiiikk deh pokoknya.. just cook for your kids and you will get more than food :-*

Happy Cooking!

Homemade Eggless Pasta (Pasta Tanpa Telur)
Chuz's kitchen
Diadaptasi dari homemade eggless noodle

Bahan:
- 280 gram tepung terigu serbaguna atau bisa juga pakai tepung terigu protein tinggi
- 1 sdt garam
- 2 sdm minyak --> saya pakai minyak kelapa (coconut oil) bisa juga pakai olive oil atau minyak goreng biasa

- 1/4 sdt basil --> bisa skip 

- 1/4 sdt oregano --> bisa skip
- 135-185 ml air panas --> tergantung tepung yang digunakan

Cara Membuat:

1. Campurkan tepung, garam, oregano, dan basil dalam sebuah baskom. 

2. Buat lubang ditengah-tengah tepung untuk menjebak cairan.

3. Tambahkan minyak dan air panas

4. Aduk dengan garpu, bertahap campurkan tepung ke dalam cairan. Kalau masih kering sekali boleh tambahkan kembali sisa air panas. 

5.Uleni dough di permukaan keramik atau seperti yang saya pakai, silicon mat. Tabur tepung dipermukaan yang dipakai untuk menguleni secukupnya. Uleni sekitar 2-3 menit.

6. Bentuk bulat, bungkus plastik wrap, masukkan ke dalam kulkas 15 menit. Atau dapat juga disimpan semaleman untuk digiling keesokan harinya. Atau disimpan di freezer bisa sampai 2 minggu. Kalau mau digunakan, dikeluarkan dulu sampai suhu ruangan baru digiling.

7. Siap digiling dan dibentuk sesuka hati. Kalau tidak punya mesin pasta maker bisa seperti saya digiling setipis mungkin, gulung yang padat, lalu iris tipis pakai pisau. Dan sebelum dimasak rebus dulu beberapa menit.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...