Jumat, 06 November 2015

Gluten Free Tempeh Muffin

Muffin dari tempe? Suami berkerut waktu dikasih tau saya lagi bikin apa. Hihihi. Namanya aja eksperimen. Eh tapi enak juga lho jadinya. Bisa banget buat menyajikan tempe dalam bentuk lain untuk menarik minat anak. Kadang anak bosen kalo bentuk sajiannya itu-itu aja. 

Lalu tepung saya pilih pakai tepung beras yang bebas gluten. Ceritanya mulai rajin lagi ngumpulin resep yang bebas gluten. Lalu,, saya tidak memakai mentega ataupun margarin tapi pakai minyak goreng yang masih bisa dimaafkan kalau kena pemanasan dibandingkan dengan margarine atau mentega. Kenapa kok sampai eksperimen total? Karena saya tanpa sadar membuat suami kolesterolnya tinggi T_T jangan dikira kolesterol tinggi karena jajan di luar ya. Karena istrinya kurang rajin bikin menu sehat yang bervariasi di rumah. Dulu waktu masih full time mother saya rajin bikin variasi makanan, suami lebih sehat. Sekarang udah kerja ngambil paling gampang, digoreng dan para suami pasti lebih suka gorengan ya kan ya kan. Goreng sendiri apalagi,, makin banyak nyemilnya. Duh *jedotin kepala ke tembok*. Jangan gitu ya teman-teman. 

Balik lagi ke resepnya, saya tetap menggunakan telur dan gula karena belum menemukan komposisi yg pas untuk membuat muffin tanpa telur dan gula. Lama-lama kalau semua diskip, jadinya tempe dikukus doank. Hahahaha.. tapi itu lebih sehat kalo suka. Kalau untuk anak bisa juga ditambahkan keju parut. Kalau saya pakainya flaxseed aja untuk taburan di atasnya. Jadi, menu ini boleh disajikan tapi tetap untuk frekuensi yang jarang,, cheatingnya jangan kebanyakan. Kalau habis makan yang begini harus dibayar aerobik atau lari pagi yaaaa. 

Happy Baking ;)


Gluten Free Tempeh Muffin 

Chuz's Kitchen

Bahan :

- 250 gram tempe kedelai, kukus, haluskan

- 150 gram tepung beras

- 150 gram gula halus --> bisa diganti brown sugar 

- 100 ml minyak goreng. Bisa pakai canola, olive oil, atau coconut oil

- 4 butir telur, kocok lepas

- sedikit flaxseed untuk taburan --> bisa diganti keju, chocochip


Cara membuat :

1. Campur gula halus dan telur yang sudah dikocok lepas, aduk sampai rata

2. Masukkan tepung dan ke dalam adonan telur dan gula, aduk sampai rata

3. Masukkan tempe yang sudah dihaluskan, aduk rata

4. Masukkan minyak, aduk rata

5. Tuang ke dalam loyang muffin atau cup muffin, taburi dengan flaxseed secukupnya 

6. Panggang dalam api sedang selama 55 menit atau sampai matang --> test tusuk

7. Dinginkan di cooling rack. Siap disajikan. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...