Sabtu, 16 November 2013

Biskuit Labu Kuning Bebas Gluten (Gluten Free Pumpkin Biscuit) (1y+)

 
Yeay! bisa posting resep lagi. Beberapa lama ga bisa posting resep karena kehabisan kuota internet. Kali ini ngenet malem2 demi kuota midnight dan ngepost resep. Resep ini udah ditunggu-tunggu teman2 grup FB Baby-Led Weaning (BLW) Indonesia #halah. Jarang banget aku bikin kue kering seperti ini, alasannya karena lebih suka cake sama roti aja. Kali ini pengen nyobain bikin biskuit yang bebas gluten dan penuh nutrisi. Pilihannya jatuh pada labu kuning (hehehe, lagi-lagi labu kuning). Resep aslinya ga pakai labu kuning. Dasar maniak labu kuning, jadi aku tambahin aja :D. Eksperimen banget nih bikinnya, soalnya ga pakai tepung terigu sama sekali, pakai tepung maizena dan dicampur dengan puree labu kuning yang udah dikukus. Rasanya enak, hanya karena pemakaian labu kuning biskuit ini tidak krenyes-krenyes saat digigit. Begitu masuk di mulut langsung lumer dan berasa labu kuning, I like it! Tapi, harus sikat gigi habis makan ini, soalnya sedikit lengket, jadi pesenku jangan ngemil ini malem2, kalo sampai lupa sikat gigi, kasihan tuh giginya. Kalau mau dibikin buat baby <1tahun tinggal skip gulanya aja. Untuk versi dewasa tinggal tambah chocochip, versi baby dan anak bisa ditambah kismis :). Asik juga lho, buat cemilan anak BLW. Mari cekidot!



Biskuit Labu Kuning Bebas Gluten (Gluten Free Pumpkin Biscuit)
Resep diadaptasi dari biskuit maizena blog justtryandtaste

Untuk 28 buah biskuit
Bahan:
- 220 gram tepung maizena
- 100 gram puree labu kuning (labu kuning kupas, potong-potong dikukus sampai bisa ditusuk garpu aja, kalo kelamaan jadi banyak airnya, dihaluskan)
- 100 gram gula pasir --> aku ganti 50 gr gula palem
- 1/2 sendok teh garam --> aku skip
- 1 butir telur
- 1/2 sendok teh vanila ekstrak --> aku skip
- 95 gram mentega/margarine, suhu ruang

Cara membuat:
1. Siapkan oven, set disuhu 165'C --> karena pakai otang langsung panasin dengan api besar. siapkan loyang yang dialasi dengan kertas baking. Sisihkan.
2. Siapkan mangkuk mikser --> aku pakai wadah biasa, masukkan semua bahan ke dalam mangkuk. Kocok dengan kecepatan rendah aduk dengan tangan hingga semua bahan tercampur rata. Diamkan adonan selama 10 - 15 menit.  
3. Lumuri jari dan telapak tangan anda dengan tepung maizena, ambil 1 sendok makan adonan. Bulatkan dengan telapak tangan dan ujung jari hingga menjadi bola bulat. Jika adonan terlalu lengket masukkan ke dalam kulkas sekitar 10 menit hingga agak keras. Tata bola adonan di loyang. Beri jarak antar kue karena kue akan meleber cukup lebar saat dipanggang --> karena pakai labu kuning, teksturnya lebih padat, jadi langsung digepengkan aja, ga melebar saat dipanggang.

4. Panggang selama 15 - 20 menit --> pakai api sedang 30-40 menit atau hingga bagian pinggir kue terlihat mengeras, permukaannya berwarna keemasan dan bagian tengahnya masih empuk. Keluarkan dari oven, dinginkan selama 10 menit di loyang baru pindahkan ke rak kawat agar benar-benar dingin. Hati-hati menyusun kuenya di toples karena agak rontok luarnya. 



Selamat Mencoba :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...