Minggu, 03 November 2013

Galantin Ikan (8mos+)


Udah lama ga update blog. Maaf ya para pembaca setia. Kemarin lagi sibuk mengurus pendaftaran dokter PTT, dan alhamdulillah lolos. Sebelum memulai kesibukan baru, pengen ngepost lagi nih. Karena belum masak yang istimewa lagi, akhirnya buka file draft dan ternyata masih ada draft resep ini yang belum dipost. Jadi bikinnya sebenarnya udah lama banget. Ga papa ya sodara-sodara :).

Kali ini bikin makanan asli solo. Suami lagi kangen solo ceritanya. Pas dilihat stok di kulkas adanya ikan, mau dibikin nugget udah terlalu sering, dimasak sup kok ya males, suami punya ide bikin selat solo pakai galantin. Ya udah akhirnya dibikin dulu deh galantinnya. Bikin selatnya sehari setelahnya. Nanti dipost juga deh. Kembali ke masalah galantin, paling enak galantin memang memakai daging sapi, atau ayam, atau campuran keduanya. Tapi karena stok cumaikan, ya ga masalah deh bikin galantin ikan. Galantin ini bisa dipakai sebagai lauk dengan digoreng begitu saja setelah matang, atau disajikan dengan kuah dan pelengkap seperti selat solo. Jadi, kita bisa bikin banyak dulu, trus disimpan deh di freezer, kalau mau dimakan dikeluarkan dari freezer taruh kulkas bagian bawah malam sebelumnya. Besokya tinggal goreng. Pas buat ibu-ibu yang sibuk :D. Untuk baby-led weaning juga bisa nih, karena gampang pegangnya, bisa untuk mengenalkan ikan ke buah hatinya :). Kalau untuk baby di bawah setaun bisa disesuaikan bahannya ya. Skip yang belum diperbolehkan seperti gulgar. Bisa juga lho ditambah sayur seperti wortel parut, daun bawang, bayam, dan sawi cincang.

Galantin Ikan 

Bahan Galantin:
350 gr ikan (bisa diganti daging atau ayam, atau campuran keduanya), cincang halus --> aku blender
3 lembar roti tawar tanpa kulit
50 ml susu cair --> <1th bisa diganti kaldu atau air biasa
1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
1 sendok makan bawang merah goreng, dihaluskan
2 sendok makan kecap inggris --> <1 th skip
3 butir telur, dikocok lepas --> harus lolos test alergi dulu, awal pakai kuning telur saja
3/4 sendok teh garam --> <1 th skip
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh gula pasir--> <1 th skip
30 gram keju cheddar parut
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Cara Pengolahan :
  1. Galantin: rendam roti tawar dalam susu cair. Lumatkan. Sisihkan.
  2. Aduk rata semua bahan galantin. Bungkus plastik tahan panas/ alumunium foil dengan diameter 4 cm atau sesuka hati. ika menggunakan alu foil, jangan lupa dioles minyak dulu, agar nanti mudah saat melepasnya. Kukus 35 menit sampai matang dengan api sedang.
  3. Angkat dan biarkan agak dingin, potong-potong. 
Jika akan dijadikan sebagai lauk begitu saja, langsung goreng sampai berwarna agak kecoklatan atau panggang di atas teflon sebentar. Bisa juga disajikan bersama saus dan bahan pelengkap lain sesuai selera. Jika bikin banyak, sisanya bisa disimpan di freezer seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya.

Selamat Mencoba!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...