Minggu, 17 November 2013

Cake Ubi Gula Palem Tanpa Tepung (Gluten Free)

 

Bikin cake tapi tanpa tepung? emank bisa? itu pertanyaan yang muncul waktu baca judul resepnya. Mumpung lagi ada ubi, dieksekusi juga ni resep. Saya emang suka nyetok ubi, labu kuning, dan jagung untuk membuat berbagai cemilan bergizi.

Di resep aslinya cake ini, pakai ubi ungu, dan juga ada lapisan kejunya jadi cantik warnanya. Tapi karena di sini adanya ubi jalar warna putih, aku pakai itu saja. Untuk mempercantik warnanya biar ga pucat, saya pakai gula palem sekaligus untuk mengganti pemakaian gula pasir sehingga tentu saja lebih sehat. yang aku bikin ga berlapis, soalnya males bikin cake berlapis gitu :D pengennya cepet jadi, cepet dimakan. Hihihi.. Dan hasilnya uenak banget. Lumeeeeerrr di mulut. Ketagihan deh, makan 3 potong ga berasa sama sekali. Langsung ludes dalam waktu beberapa jam saja #oh noooo. Oh ya, cake ini bisa jadi pilihan untuk para penderita diabetes, karena tidak menggunakan tepung dan ubi termasuk bahan makanan yang indeks glikemiknya rendah (indeks glikemik itu berkaitan dengan pengaruh bahan makan terhadap naiknya gula darah, semakin rendah berarti semakin lama menaikkan gula darah, sehingga bermanfaat untuk penderita diabetes yang harus menghindari bahan makanan dengan indeks glikemik tinggi). Cake ini juga tanpa menggunakan bahan pengembang lho,, tapi ga bantat. Pokoknya dijamin sehat dan uenak. Mari diintip resepnya :)

Cake Ubi Gula Palem Tanpa Tepung (Gluten Free)
diadaptasikan dari resep cake kukus ubi ungu lapis keju mb shantie (bisa dilihat di sini)

Bahan:
1 umbi ubi ungu Jepang kurang lebih 150g --> aku pakai ubi jalar putih
2 butir telur
2 sdm (50g) gula pasir --> aku ganti gula palem
3 sdm (50ml) minyak goreng
1/4 sdt garam --> aku skip
Lapisan Keju: 1 putih telur, 20g keju parut (bisa sampai 50g), 3 sdm susu kental manis --> aku skip

Cara Membuat:
1. Kukus ubi ungu lalu haluskan menggunakan garpu.
2. Campur rata semua bahan untuk lapisan keju.
3. Kocok telur dan gula sampai mengembang.
4. Tambahkan ubi ungu halus dan garam, aduk rata.
5. Tambahkan minyak, aduk rata --> jangan terlalu lama mengaduk, nanti adonan yang sudah mengembang akan turun
6. Tuang setengah bagian adonan dalam loyang 15x10cm yang sudah diolesi margarin --> aku pakai minyak goreng dan pakai kertas roti.
7. Masukkan dalam kukusan yang sudah beruap banyak dan tutup dilapisi kain agar air tidak menetes pada cake. Kukus selama 10 menit. Tuang adonan lapisan keju. Kukus selama 10 menit. Tuang sisa adonan ubi ungu. Kukus lagi selama 20 menit --> langsung aku kukus sampai matang (tes dengan tusuk gigi, jika sudah tidak menempel berarti sudah matang) atau sekitar 30 menit.
8. Angkat dan biarkan agak dingin. Potong-potong dan sajikan.

Selamat mencoba!

6 komentar:

  1. nyam nyam.. wuenaaakkk... kirim ke aceh dong mbak :)

    BalasHapus
  2. @liza: boleh mak,tapi ga dijamin masih enak :D
    makasih sudah mampir :)

    BalasHapus
  3. dikukus ya Mak, boleh banget nih dicoba
    thx resepnya Mak :)

    BalasHapus
  4. @Esti Sulistyawan: iya mak, dikukus doank, ayo dicoba :)

    BalasHapus
  5. mb itu lapisan keju nya gmn ya,lsg dikukus bareng adonan atau gmn?soalnya itu banyak kata2 yg dicoret jd agak membingungkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, komennya udah lama banget ya,, maaf ya baru balas. itu boleh dipakai tapi kebetulan saya ga bikin lapisannya. terima kasih sudah berkunjung ya

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...