Minggu, 24 November 2013

Slow Cooker Bread Pudding (1y+)

Resep ini sebenarnya udah dipraktekkan lamaaaa banget, baru ngubek-ngubek file foto, keinget ini belum dimasukkan blog. Langsung deh upload fotonya dulu (soalnya internet sering ngadat, jadi yang paling penting, fotonya masuk dulu :D). Kenapa bikin puding pakai slow cooker? Soalnya aku lagi pengen memanfaatkan kembali slow cooker yang teronggok lama di lemari sejak rafa udah bisa makan nasi. Dulu awal-awal mpasi dipakai buat bikin bubur.


Slowcooker yang aku pakai adalah SC Takahi ukuran 0,7L. Bisa juga pakai brand atau ukuran slowcooker yang lain, hanya disesuaikan saja dengan takarannya, yaitu tidak melebihi 3/4 dari ukuran panci slowcooker.
Untuk resepnya, dapat dari file recipes forum the urban mama. Kalau di resep asli pakai SC ukuran 1,2L, jadi aku sesuaikan takarannya deh. Resep aslinya juga pakai butter, biar lebih sehat, aku pakai minyak goreng. Rafa ga terlalu doyan, entah kenapa, padahal enak lho, aku deh yang ngabisin semua :D.Puding ini bisa disajikan hangat, tapi bisa juga dingin. Sama enaknya. Kalau mau buat sarapan juga bisa, dibikin malam sebelumnya, pagi-pagi udah matang deh :)

Slow Cooker Bread Pudding (1y+)
resep diadaptasi dari file recipes the urban mama, bisa dilihat di sini

Untuk slow cooker merk takahi uk 0,7L
Bahan:
  1. 2 lembar roti tawar, potong kecil-kecil (pinggirnya boleh disertakan, boleh tidak, kalau disertakan, ada sensasi crunchy :))
  2. 2 sdm minyak goreng
  3. 1 buah telur
  4. 125 ml susu UHT
  5. 1/4 cup gula pasir --> aku skip
  6. 1/2 bongkah gula jawa, diiris tipis dan dicacah--> aku ga pakai
  7. 2 pisang ukuran sedang, iris --> aku lumatkan pakai garpu
  8. Jika di rumah ada bubuk kayu manis dan kismis bisa digunakan, supaya rasa telurnya tidak terlalu kentara
Cara membuat:                                                                                                           Susun roti tawar di dalam slowcooker, susun bertingkat bersama lumatan pisang sampai dengan 3/4 tinggi slowcooker, sisihkan. Lelehkan unsalted butter --> aku pakai minyak goreng, kemudian kocok bersama telur, susu, dan gula pasir --> aku skip. Setelah adonan tercampur rata, campurkan dengan sebagian cacahan gula jawa kemudian tuang ke dalam slowcooker. Masak selama 4-5 jam. Sampai ketika ditusuk dengan garpu/pisau, adonan sudah tidak lengket lagi.
ini penampakan pas baru matang, lezaaaaattt :)
 
Selamat Mencoba!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...