Minggu, 11 Oktober 2015

Step by Step Homemade Pizza

Berkali-kali bikin pizza itu bikin hapal resep andalan di luar kepala. Nyoba dokumentasi step by stepnya alhamdulillah keturutan juga. Doughnya ga perlu pake dibanting-banting jadi ga bikin lengan makin gede. Hihihi. Bisa disimpen di freezer buat cadangan kalo lagi malas bikin dough. Mau bikin tebal atau tipis sesuai selera bisa banget. Kalo mau tebal ga usah ditusuk-tusuk garpu tengahnya, mau tipis tengah ditusuk-tusuk garpu tapi tepi biar menggembung, cantik jadinya. Tengah krispi, tepi yummy banget kalo diisi keju atau sosis atau nugget macam gerai pizza ternama. Topping bisa apa aja yg ada di kulkas, ayam, ikan, seafood lainnya, jagung, sayur-sayur, bahkan abon pun oke. Saus putih bisa lihat di resep yg pernah saya posting sebelumnya. Pakai mozarella makin oke. Tapi kalau ga sempat bikin saus putih dan ga ada mozarella pakai aja keju kr*ft, lebih mudah leleh dibandingkan sama yg merk pr*chiz. Untuk saus pizza bisa beli bisa homemade. Nanti juga saya posting yaaa. Dari resep ini udah banyak lho yg jualan pizza. Hehehe alhamdulillah banget kan. Resep dough sebenarnya bisa pakai resep mana aja. Tapi saya suka pakai resep yg diadaptasi dari sini

Happy Cooking ;)

Step by Step Homemade Pizza
Chuz's Kitchen 

Bahan
- 225ml susu hangat --> lebih baik pakai UHT kalo ga ada bisa susu bubuk dicairkan. Asal bukan susu kental manis ya :p
- 2 sdm gula pasir
- 2 sdt ragi instan (kalau adonan mau diinapkan semalam di kulkas atau disimpan di freezer, kurangi jadi 1 1/4 sdt)
- 1 butir telur
- 50 ml minyak goreng
- 1/2 sdt garam
- 250gr terigu protein tinggi
- 185gr terigu serbaguna
(Kalau ga ada protein tinggi pakai aja protein sedang semua atau serbaguna jadi total= 435gr)

Cara Membuat:

1. Siapkan 2 baskom, olesi salah satu dg minyak. Campur semua terigu dg garam, sisihkan. Hangatkan susu hingga suam kuku.
2. Di baskom bersih tuang susu hangat, masukkan gula, aduk. Tambahkan ragi. Tutup serbet diamkan 5 menit.
3. Campur telur dan minyak goreng
4. Masukkan telur & minyak goreng ke larutan ragi, aduk rata.
5. Tuang terigu secara bertahap, aduk dg sendok kayu hingga tidak lengket di sisi baskom.
6. Uleni dengan tangan adonan di baskom selama 5 menit hingga kalis (tidak perlu sampai elastis) kalau masih lengket boleh tambah tepung sedikit aja tabur di baskomnya jangan langsung di dough).
7. Bulatkan adonan, letakkan di baskom yg sudah dioles minyak.

1. Fermentasikan hingga ukurannya 2x lipat --> proofing pertama.
2. Kalau ukurannya sudah 2x lipat,tinju adonan,kempiskan. 
3. Bagi dan timbang sesuai ukuran yg akan digunakan. Kalau saya untuk pizza ukuran 22cm memakai 200gr adonan. Untuk membagi adonan tidak boleh disobek ya, potong pakai pisau agar serat roti tidak rusak.
4. Untuk yg akan disimpan di freezer bulatkan, olesi minyak, bungkus rapat dengan plastik wrap. Kalau tidak disimpan di freezer lanjut ke tahap berikutnya.


1. Bulatkan,olesi minyak, dan resting selama 5 menit di atas loyang pizza/loyang datar untuk kue kering/loyang apa saja yg akan digunakan untuk memanggang pizza --> gunanya untuk memberi kesempatan ragi bekerja lagi.
2. Pipihkan adonan sampai ketebalan 1/2 cm dengan menggunakan rolling pin atau tangan. Tusuk2 dengan garpu kecuali yg akan dijadikan pinggiran (crust). 
3. Kemudian lumuri minyak di seluruh permukaan agak hasil pizza tidak kering. tusuk tengahnya pakai garpu agar hasil tengahnya tipis dan kriuk. Tapi kalau lebih suka tebal ya tidak perlu. Diamkan sampai mengembang kembali sekitar 1 jam (proofing kedua) (kalau ga sabar tahap ini dilewati ga apa2 tapi waktu pemanggangan harus ditambah sampai roti pizza matang) --> tahap ini wajib dilewati jika dough yg akan dipanggang sudah disimpan di freezer. jadi keluarkan dough dari freezer, diamkan sampai tidak beku lagi, lalu cetak dan proofing.
4. Siap diberi topping sesuai selera. Panggang sampai matang --> untuk mengetahui sudah matang atau belum bisa dicungkil sedikit tepinya pakai sendok untuk melihat apakah sudah kecoklatan atau belum. Untuk pemanggangan pizza jika memakai oven tangkring maka set api di api besar dan taruh loyang di rak tengah sampai setengah matang dan dilanjut untuk mengeringkan permukaan atas ditaruh di rak atas.

Untuk resep saus pizza homemadenya nantikan di postingan mendatang yaaaa.. jadi biar ga ketinggalan silakan follow dengan memasukkan alamat email atau melalui google+ ;). 

Oh ya ada tips untuk yang di daerahnya tidak ada mozarella seperti di halmahera utara sini, saya pakai saus putih (white sauce) yang pernah saya post di sini.

Pizza dengan topping saus pizza homemade,  jamur, abon, dan saus putih


 Cheesy Bites Pizza --> crust diisi potongan keju
 
 Topping jamur, jagung manis, tuna, saus putih, mayones untuk mempercantik.

Semoga step by step yang saya buat ini cukup jelas dan membantu untuk teman-teman yang ingin menikmati pizza buatan sendiri, jelas hemat dan lebih sehat. Bisa bikin berkali2 juga. Bahkan ada teman yang sudah berbisnis dengan menggunakan resep ini. Alhamdulillah :) 

Selamat mencoba!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...