Kamis, 08 Agustus 2013

Pizza with Indonesian Taste ala Mama Chuz


Pizza itu salah satu dari sekian banyak makanan favorit di keluarga kami. Sejak pindah ke tobelo (halmahera utara), kami jarang makan di luar karena tempat makan yang asik di sini memang terbatas. Itulah yang bikin kita harus kreatif masak sendiri di rumah. Pas pengin makan beraroma italia, langsung deh niat banget bikin pizza. Papa rafa langsung semangat bantuin bikin :D. Pizza ini tanpa oven ya, jadi cuma dipanggang

Yuk kita intip resepnya:
Bahan dough:
- 500 gr tepung terigu serba guna atau protein tinggi (misal Segitiga Biru atau Cakra Kembar) (aku bikin sekalian banyak biar bisa disimpen di freezer buat stock :p)
- 1 bungkus ragi instan (aku pakai fermipan)
- 2 sdm minyak sayur (aku pakai olive oil)
- 3 sdt gula pasir
- 1 sdt garam
- 300 ml air hangat

Bahan topping:
- 3 sdm rica2 ayam plus bumbunya yang udah dicacah halus --> kenapa rica2 ayam? sesuai dengan judulnya yang "indonesian taste" jadi aku pakai rica2 ayam pemanfaatan sisa makan malam :D maksimal!). Bisa diganti sesuai selera (rendang,opor,kari,dll :p)
- 1 sdm keju mozarella parut
- 2 sdm saus tomat
- 2 sdm keju cheddar parut
- 1 sdt lada hitam (sesuai selera)

Cara membuat dough:
- Campur semua bahan (kecuali air) dalam sebuah wadah untuk menguleni. Tambahkan air sedikit demi sedikit, uleni sampai adonan kalis.
- Tutup wadah dengan kain basah dan diamkan sampai 1 jam
- Timbang adonan @40 gr bulatkan, tutup dengan plastik cling wrap sampai tertutup rapat, lalu masukkan ke dalam freezer. Yang mau dibikin taruh di kulkas bawah aja.

Tahap pemberian topping:
- Ambil dough yang sudah dingin, gilas dengan rolling pin sampai ketebalan yang diinginkan (kalau aku suka yang tipis biar kriuk banget :)). Jangan lupa alas untuk menggilas diberi sedikit tepung agar tidak lengket
- Tata topping di atasnya. topping terserah sesuai selera. Jadi urutannya saus tomat, keju mozarella parut, rica2 ayam plus sedikit bumbunya, keju cheddar parut.  Sama suamiku masih ditaburi lada hitam -.- ampun deh.
- Karena tanpa oven, aku pakai frying pan. Panaskan frying pan dengan api kecil, kalau sudah pans, letakkan pizza di atasnya, panggang sampai keju meleleh.

Hasilnya,,,yuuummmmyyy banget. Indonesia banget deh rasanya. Rotinya juga kriuk.. Selamat mencoba dengan "indonesian taste" yang kamu suka ;p

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...