Sabtu, 31 Agustus 2013

Kroket Nasi (8mos+)



 

Pagi-pagi, buka magic com ada 2 centong nasi, kalau dibikin nasi goreng, nanggung banget, ga cukup buat bertiga pula. Hmmm,,, sambil mikir ngeluarin nasi dari magic com, dipindah ke piring biar agak dingin. Triiiinngg, tiba-tiba dapet wangsit, buat dibikin kroket nasi. Biasanya kroket kan pakai tepung terigu, dulu aku juga udah pernah posting di sini. Kali ini, tepung terigu diganti sama nasi. Rasanya oke punya. Dan yang penting, rafa (1th) doyan. Jadi bikin makanannya ga usah dobel-dobel deh. Untuk para mama yang anaknya masih di bawah satu tahun, tinggal menyesuaikan (misal, gula, garam, mericanya di-skip).
Olahan ini cocok banget untuk memanfaatkan sisa nasi daripada dibuang sayang plus mubadzir. Kalau pas punya sayur tumis atau ikan goreng, bahkan ayam goreng, bisa deh disulap jadi makanan yang disajikan berbeda. Bisa jadi cemilan teman minum teh atau kopi, atau bahkan sarapan (tapi kalau aku ga cukup sarapan cuma ini :D). Cukup deh basa basinya, yuk diintip resepnya

Kroket Nasi (8mos+)
Bahan:
-          2 centong nasi
-          3 siung bawang merah, iris tipis, goreng
-          1 siung bawang putih, iris tipis, goreng, lumatkan
-          3 sdm daging sapi/ ayam/ ikan cincang
-          1 butir telur (atau kuning telur untuk usia di bawah 1 th)
-          5 batang buncis/ 1 tangkai daun bawang, iris tipis
-          5 sdm wortel potong dadu
-          Beberapa kuntum brokoli/ kembang kol, cincang kasar
-          ½ sdt gula pasir (di atas 1 th)
-          1/2 sdt garam (di atas 1 th)
-          1/2 sdt merica (di atas 1 th)
-          Keju parut secukupnya

Pelapis:
-          1 butir telur, kocok lepas
-          Tepung panir secukupnya

Cara Membuat:
-          Campur semua bahan, aduk hingga tercampur rata
-          Ambil 1 sdm adonan, bentuk bulat bola2, lakukan hingga adonan habis (kalau lengket di tangan alasi pakai plastik)
-          Celupkan bola ke kocokan telur, gulingkan ke dalam tepung panir, tekan-tekan agar tepung menempel (untuk mendapatkan hasil yang lebih crispy, lakukan tahap ini dua kali)
-          Diamkan beberapa saat agar tepung menempel sempurna
-          Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan
Rasanya, gurih banget. Kalau buat yang dewasa, enaknya dicocol pake sambal plus mayones. Hmmmm,,,yummy! Selamat mencoba!
Ih,,tangan siapa tuh,, udah ga sabar mau maem :D (siapa lagi kalau bukan tangan rafa). Sampai sesi foto diulang2 -.-
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...