Minggu, 18 Agustus 2013

Bakso Tuna Wortel (1y+)

Ini salah satu makanan yang sering aku buat, soalnya bisa disimpen jadi stock di freezer. Jadi kalo pas ga sempet masak, tinggal keluarin, angetin bentar deh. Hehehe. Kenapa tuna? Karena tuna sumber protein hewani yang baik untuk pertumbuhan bayi. Tapi, kalau ga ada tuna bisa juga diganti sumber protein lain kaya ayam, daging sapi, atau bahkan ikan air tawar. Tinggal menyesuaikan apa yang ada di kulkas. Kenapa ada wortelnya? Soalnya kan biar lebih sehat :)

Yuk siapin bahan2nya:
Bahan:


-          200 gr fillet ikan tuna, cincang halus
-          50 gr wortel parut
-          2 sdm tepung tapioka
-          3 siung bawang putih cincang halus
-          1 butir telur
-          1 sdt garam (under 1y skip)
-          1 sdt merica bubuk (under 1y skip)
-          ¼ sdt gula pasir (under 1y skip)

Cara membuat:

1. Campurkan ayam, wortel, telur, dan bawang putih. Masukkan tepung tapioka, garam, merica, dan gula. Aduk hingga adonan tercampur rata.
 
2. Bentuk bulatan2 kecil dengan bantuan 2 sendok teh atau pakai tangan bersih.
3. Rebus dalam air mendidih. Kalau sudah mengapung berarti matang. Angkat dan tiriskan.

Bisa langsung disajikan sebagai lauk, atau ditambah dengan kuah (bawang putih digeprek, ditumis, ditambah air kaldu+garam+gula). Bisa disimpan di freezer, bungkus dalam wadah kedap udara. Kalau mau pakai tinggal ambil, taruh di chiller malam sebelumnya. Pagi2 tinggal digoreng atau di hangatkan bentar di magic jar. Kalo bikin sekalian yang banyak, soalnya rasanya bikin mama papanya ikutan merem melek :p
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...