Minggu, 14 Mei 2017

Bumbu Dasar

Salah satu persiapan menjelang bulan ramadhan biar memasak jadi praktis. Hanya memang sedikit repot di awal, tapi worthed untuk penghematan waktu selanjutnya. Sebenarnya bumbu ini juga menyesuaikan kebiasaan memasak yg sudah dilakukan di rumah masing-masing, ada yg mengganggap malah jd repot nyiapinnya tapi ada yg sangt terbantu. Bahkan ada yg sampai jualan bumbu. Atau mungkin malah jadi pembelinya. Hehehe 

Kalo dari pengalaman saya, yg paling sulit itu justru mengumpulkan niat untuk membuatnya, buktinya ini draft resep udah ngendon dari 2 tahun lalu, tapi baru sekarang bisa posting :-P 

Dan ternyata setelah dijalani bikin, sukaaa banget, terbantu saat seperti sekarang yg lagi ditinggalin ART berlibur 3 hari (kapan giliranku ya :-/). Yg sudah langsung dipakai bumbu kuning dan putih, enaaakk dan praktis. Intinya recommended untuk dicoba ya ;-)
Selamat Memasak :-*

Bumbu Dasar Merah
- 100 gram bawang merah
- 50 gram bawang putih
- 400 gram cabai merah (buang bijinya)
- 50 gram kemiri
- 100 gram tomat
- 2 bungkus terasi udang
- 2 sdm gula pasir
- 1 sdm garam
- 100 ml minyak goreng (saat memblender)
- 50 ml minyak goreng (saat menumis).

Bumbu ini cocok untuk memasak nasi goreng, sambal goreng, balado, tumis pedas (tinggal ditambahkan bumbu lain sebagai pelengkap sesuai masakan yg dibuat, misalnya di tambah lengkuas, salam, dan santan, dll)

Bumbu Dasar Kuning :
- 500 gram bawang merah
- 150 gram bawah putih
- 100 gram kemiri
- 50 gram kunyit
- 2 ruas jari jahe
- 1 ruas jari lengkuas
- 1 sendok makan lada bubuk
- 2,5 sendok teh garam
- 2 sendok teh gula pasir,
- 150 ml minyak goreng untuk memblender
- 50 ml minyak untuk menumis

Bumbu dasar kuning itu misalnya untuk macam-macam soto, pesmol, acar, terik daging, sampai bumbu ayam goreng dan mie goreng, kari, gulai (untuk yg mau dibuat pedas tinggal tambahkan bumbu merah sebagai campuran)

Bumbu Dasar Putih
- 250 gram bawang merah
- 100 gram bawang putih
- 50 gram kemiri
- 3 sentimeter lengkuas diiris halus
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok teh gula pasir
- 100ml minyak goreng (untuk memblender),
- 50 ml minyak goreng untuk menumis.

Bumbu ini cocok untuk hidangan seperti rawon, semur, bisa juga untuk tumisan mi goreng, dan oseng-oseng

Cara membuat Bumbu Dasar :
1. Haluskan semua bahan, kecuali gula dan minyak untuk menumis, hingga halus benar.
2. Panaskan minyak untuk menumis, serta tumis bumbu sampai harum dan matang. Masukan gula, tumis sebentar, angkat dan dinginkan.
3. Masukkan ke dalam plastik ziplock per porsi, simpan dalam wadah tertutup lagi misalnya tupperware. Simpan di chiller atau freezer untuk penyimpanan lebih lama. Bumbu siap digunakan.
4,. Bumbu dasar bisa di simpan dalam freezer selama tiga bulan. Jika ingin memasak, ambillah 1 bungkus dan masukan bumbu tambahan lain, seperti rempah2 daun salam, daun jeruk, serai,  daun kunyit, atau santan dll menyesuaikan menu yg dibuat ya ;-)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...