Sabtu, 13 Mei 2017

Banana Muffin (1y+) *Repost*

Beberapa waktu lalu bikin cemilan kesukaan rafa. Bahan dasarnya pisang yg sudah kelewat matang. Kebetulan ada pisang sepatu yg overriped.

Resep ini udah pernah kubikin dan posting 3th yg lalu, kali ini bikin lagi dan emank cocok banget sama resepnya. Cocok untuk cemilan berat ya

Selamat mencoba
)
Banana Muffin (1y+)

Resep diadaptasikan dari justtryandtaste

Yang saya tulis ini 1 resep ya, untuk 18 buah muffin, garis tengah 5 cm

Bahan:

- 190 gram tepung terigu serba guna

- 1/2 sendok teh baking soda (bisa skip jika tidak suka rasa baking soda dan takaran untuk baking powder ditambahkan 1/2 sendok teh)

- 1 1/2 sendok teh baking powder double acting dan pastikan fresh --> saya pakai baking powder biasa

- 1/2 sendok teh garam halus --> saya skip

- 3 buah pisang yang benar-benar matang --> saya pakai pisang sepatu yg sudah overriped (berbintik2 hitam)

- 150 gram gula pasir --> ganti pakai 100 gram gula palem
- 1 butir telur ayam
- 75 gram mentega/margarine, cairkan

- 1/2 sendok teh kayu manis bubuk

Cara membuat:

Siapkan oven, set di suhu 190'C --> karena pakai oven tangkring saya panaskan dengan api besar, lapisi loyang muffin dengan mentega dan tepung atau jika menggunakan kertas cup maka masukkan kertas cup ke dalam cetakan muffin atau cetakan kue mangkuk. Sisihkan --> saya pakai cup momma dan langsung diletakkan di atas loyang besar dan datar

Haluskan pisang hingga menjadi adonan yang benar-benar smooth --> saya pakai garpu aja

Siapkan mangkuk, ayak tepung terigu, baking soda, baking powder, garam dan kayu manis bubuk. Sisihkan.

Cairkan mentega, biarkan agak mendingin 

Dalam mangkuk terpisah, kocok lepas telur dengan menggunakan garpu atau kawat pengocok telur. Kocok sebentar saja. Masukkan gula pasir, pisang halus dan mentega cair minyak goreng, kocok hingga tercampur rata.

Masukkan tepung terigu ke dalam larutan pisang & telur, aduk pelan hanya agar tercampur dan menjadi adonan basah saja. Jangan terlalu lama mengaduk, jika masih ada tepung yang menggumpal, biarkan. Saat muffin dipanggang adonan akan bantat.

Masukkan muffin ke dalam cetakan atau kertas cup, tinggi adonan 3/4 cetakan saja. Muffin akan mengembang saat di panggang. Jika adonan terlampau penuh hingga ke mulut cetakan maka ketika mengembang akan meluber ke luar,  muffin menjadi terlihat kurang cantik.
Panggang selama 20 - 25 menit, atau jika kita tusuk bagian tengah kue tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan dari oven.  Muffin siap dihidangkan atau simpan dalam freezer menggunakan wadah kedap udara. Muffin tahan hingga 2 minggu. Hangatkan di microwave atau oven jika akan disantap.

Tips agar kertas cup terlihat bersih, gunakan 2 lapis kertas. Ketika kue matang, kelupas dan buang kertas cup terluar. Kalau pakai cup momma seperti yg saya pakai ga perlu didobel lagi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...