Sabtu, 25 Oktober 2014

Homemade Dulce de Leche

Mungkin sebagian dari kita masih asing sekali dengan nama dulce de leche. Aku juga taunya karena baca postingan resep di grup NCC (natural cooking club).

Dulce de leche (bahasa Spanyol:"Gula-gula susu"), adalah sebuah sirup yang terbuat dari susu. Sirup ini tersedia dalam bentuk cair dan gula-gula. Cara pembuatannya adalah dengan merebus susu manis dengan api kecil sehingga rasanya berubah seperti karamel. Dulce de leche juga merupakan pelengkap roti dan berbagai hidangan penutup Argentina (wikipedia).

Dulce de leche sangat terkenal di Argentina dan Uruguay, juga Paraguay dan Brazil. Di Perancis, dulce de leche dikenal sebagai Confiture de lait.

Ada banyak cara untuk membuat sendiri dulce de leche ini. Ada yg merebus susu kental manis bersama kalengnya tanpa dilubangi sama sekali selama berjam-jam. Ada juga yg menggunakan panci presto atau microwave dan juga oven. Ngeri awalnya pas tau cara bikinnya. Tapi modal nekat aja. Aku pakai cara merebus susu kental manis dengan kalengnya dalam air yg merendam kaleng tersebut selama 3 jam. Setiap 1/2 jam aku cek kalo air mulai berkurang aku tambah sedikit. Pokoknya jangan sampai air berkurang banyak,harus dijaga kaleng tetap terendam. Dan akhirnya berhasil membuat dulce de leche sendiri. Manis enaaaakk. Bisa dipakai untuk olesan roti, bisa juga campuran jus, atau es krim :). Patut dicoba yaaaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...