Sabtu, 25 Oktober 2014

Mie Pelangi Chuz's Kitchen

Anak mogok makan sayur itu pasti bikin semua ibu galau kayak aku. Padahal sebelumnya rafa dengan mudahnya makan sayuran yg cuma dikukus. Sekarang udah diselip-selipkan masih sering diambil dan disingkirkan dengan tangan mungilnya. Padahal tiap bikin menu selalu diselipkan sayur. Paling susah kalau mau nyelipin sayuran hijau.
Resep ini sebenarnya udah pernah aku coba beberapa kali. Namun baru kali ini bisa mengetik dan posting di blog.

Mie Hijau Chuz's Kitchen

Bahan:
-300 gr tepung terigu
-75 gr sawi, cincang
-2 butir telur
-2 sdm minyak
-1 sdt garam
-tepung tapioka utk taburan

Cara membuat:
- Blender sawi dengan telur campurkan ke dalam tepung terigu. Uleni sampai kalis.
- Tambahkan minyak secara bertahap.
- Tambahkan air/tepung bila dirasa perlu
- Bagi adonan menjadi beberapa bagian (3-4 adonan). Taburi tepung tapioka. Gilas sampai tipis. Kalo punya gilingan mie lebih mudah. Tapi karena ga punya gilingan mie,jd manual deh dipotong pakai pisau. Caranya,gulung mie yg sudah digilas tipis lalu diiris tipis2. Kalo udah jgn lupa taburi tepung tapioka lagi. Simpan dalam wadah kedap udara. Bisa tahan seminggu d kulkas

Mie Kuning Chuz's Kitchen

Bahan:
-300gr tepung terigu
-3sdm labu kuning kukus
-1 butir telur
-1sdt garam
-2sdm minyak
-tepung tapioka utk taburan

Cara membuatnya sama yaaaaa. Kenapa telurnya cuma satu? Karena labu kuning kukus mengandung banyak air jadi cairannya biar ga terlalu banyak.

Kalau mau buat mie warna lain bisa juga. Pakai bit untuk warna merah,wortel untuk warna oranye,tinta cumi untuk warna hitam,ubi ungu untuk warna ungu. Silakan berkreasi :)

Resep pelengkap

Kuah
Rebus ayam/ikan beserta tulang dgn api kecil sampai mendidih. Sebelumnya ditmbhkan bawang putih digeprek. Tambah garam,lada,gula pasir sesuai selera

Tumis ayam/ikan
- ayam/ikan potong2 dadu/suwir2
-bawang putih cincang
-bawang bombay cincang
-saus teriyaki,saus tomat,kecap manis,kecap asin
-garam,lada,gula pasir

Cara membuat:
- Tumis duo bawang sampai harum
- Tambahkan ayam/ikan
- Tambah air dari kuah sedikit biar ada kuahnya
- Tambahkan saus2, garam,gula, dan lada sesuai selera. Masak hingga air meresap tapi jangan sampai habis.

Minyak bawang:
Geprek bawang putih yg banyak. Kalo mie ayam --> ambil kulit ayam tumis bersama bawang putih sampai minyaknya keluar. Kalo ga pake kulit ayam bawang geprek ditumis pakai minyak sampai bawang agak gosong. Simpan di wadah bersama bawangnya juga sampai digunakan

Penyajian
Atur mie,sawi yg sudah direbus,tumisan ayam/ikan,daun bawang iris,minyak bawang. Tuang kuahnya. Siap disajikan.

Silakan mencoba :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...