Jumat, 28 November 2014

Choccolate Bread Butter Pudding

Postingan agak telat ini. Sebenarnya kemarin udah ngetik tapi ga kesimpen. Nangis deh. Habis itu jadi blogging blues :D. Nah mumpung lagi insomnia,mari manfaatkan waktu dgn baik :p
Bread pudding (puding roti) ini dibikin atas request dari customer tercinta #rafa. Sekarang kan rafa udah bisa ngomong "mama kueeee" panjang lagi e-nya. Waktu cek di kulkas ada roti tawar sisa beberapa hari lalu. Ya udah kepikiran bikin yang gampil aja. Tinggal aduk-aduk jadi deh. Bahkan rafa ikutan nimbrung di sini. Bisa jadi alternatif kegiatan si toddler kan. Bread pudding ini bisa dimodifikasi dgn penambahan pisang seperti yang aku bikin sebelumnya di sini. Kali ini aku tambahkan coklat bubuk dan diberi taburan meises untuk toppingnya. Meisesnya ternyata leleh dan malah jadi seperti selai blueberry ya di fotonya. Hehehe.. Yang penting rasanya enaaaakkk. Rafa aja berulang kali bilang "hmmm.. Enaaakkk".
Untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan bisa diotak atik sendiri. Tambahkan susu untuk membuatnya lebih lembut, atau tambahkan telur untuk membuatnya lebih padat. Kali ini aku bikin yang agak padat karena langsung dituang di loyang dan baru dipotong-potong. Kalau ingin bikin di cup mungkin bisa dibikin lebih lembut. Selain dikukus bread pudding ini bisa juga dipanggang di oven atau memakai slow cooker seperti yang aku praktekkan sebelumnya di sini. Bisa banget nih untuk belajar makan menyomot ala baby-led weaning :D tapi untuk di atas setahun ya.. Itupun skip coklat,meises, dan kurangi gulanya..
Choccolate Bread Butter Pudding
Modifikasi chuz's kitchen dari berbagai sumber di google
Bahan:
- 5 lembar roti tawar dengan kulitnya. Sobek-sobek kecil sisihkan.
- 200 cc susu UHT plain
- 3 butir telur
- 3 sdm butter/ margarine lelehkan
- 7 sdm gula pasir
- 1 sdm tepung terigu+2 sdm coklat bubuk, campur, ayak
- bahan topping sesuai selera, meises, coklat parut, keju, atau choco chip
Cara Membuat:
1. Panaskan kukusan dengan api kecil. Tutup.
2. Oles loyang dengan margarine. Sisihkan (bisa juga dengan cup alumunium foil kecil).
3. Kocok telur sampai rata masukkan susu uht dan gula. Aduk sampai gula larut.
4. Tambahkan campuran tepung+coklat bubuk. Aduk sampai rata.
5. Masukkan butter/ margarine leleh. Aduk rata.
6. Tuang ke dalam loyang yg sudah dioles margarine atau ke dalam cup alu foil. Tabur bahan topping.
7. Kukus 40 menit atau sampai matang (test tusuk). Jangan lupa sebelum menaikkan loyang ke dalam kukusan harus sudah beruap banyak dan air mendidih. Lapis tutup panci kukusan dengan kain agar airnya tidak menetes.
Selamat mencoba :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...