Minggu, 08 Februari 2015

Cupcake Bayam Merah

Latepost.. Bikinnya udah agak lama. Tapi baru sempat edit-edit resepnya sekarang. Resep aslinya menggunakan bayam hijau tapi karena di rumah adanya bayam merah akhirnya pakai bayam merah. Waktu campur2 adonan kok jadi pengen miripin red velvet ya.. Akhirnya utak atik buat dapetin warna mirip red velvet. Karena ga pengen kebanyakan pewarna kasihnya dikit. Pucat deh keluarnya :D trus lagi katanya kalo untuk bikin red velvet ada pasta khusus dan pakai coklat bubuknya merk bendrops. Cuma punya van houten di rumah ya gapapa lah..

Hasilnya, enak banget ternyata.. Dan sayurnya bisa kemakan rafa juga deh :)
Kalau untuk anak-anak baiknya sih ga pakai pewarna tambahan aja. Lain kali juga aku bikin biasa aja. Ini sesekali mah... Karena biar cepet abis aku bawa deh ke kantor suami. Langsung ludes ;)

Cupcake Bayam Merah
Dimodifikasi dari spinach cake http://momwhats4dinner.com/spinach-cake/

Bahan:
3 butir telur
    1 sdt vanilla extract
    1 1/2 cup gula pasir
    1 cup puree bayam merah, 3/4 cup saja juga boleh
    3/4 cup minyak sayur
    2 sdm air jeruk nipis/ lemon
1 sdt pewarna makanan merah --> skip juga gapapa
    2 cup dikurangi 1 sdm tepung terigu
1 sdm coklat bubuk
    3 sdt baking powder --> saya kurangi 1 sdt
    1/2 sdt garam

Cara membuat:
1. Ambil daun bayam. Kukus/rebus sebentar,tiriskan airnya. haluskan dengan food processor
2. Kocok telur dan gula sampai kental dan mengembang,tambahkan ekstrak vanilla. Tambahkan minyak,air lemon/jeruk nipis dan 1 cup puree bayam merah. Aduk rata
3. Dalam wadah terpisah ayak tepung+coklat bubuk+BP+garam. Masukkan ke adonan bayam. Aduk balik. Tambahkan pewarna merah.
4. Tuang di cetakan muffin yang sudah dialasi kertas cup.
5. Panggang 30 menit (saya pakai oven tangkring) api sedang di rak tengah panggang sampai matang cek tusuk

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...