Rabu, 04 Februari 2015

Banana Marble Cake No Food Additives



Suka sekali belanja pisang trus disimpan sampai matang sekali. Kalau sudah terlalu matang langsung eksekusi jadi cake :). Sebenarnya rafa suka banget makan pisang utuh gitu aja. Tapi biar ada variasi juga :). Resep yang aku pakai aslinya banana cupcake dari mbak julia wingantini. Cuma aku bikin 2 resep trus pakai loyang tulban. Tapi ternyata tetap kurang tinggi. Karena tanpa bahan tambahan ga akan setinggi cake dengan bahan pengembang gitu. 

Here the recipe

Banana Marble Cake
Diadaptasi dari banana cupcake mbak julia wingantini yang telah dimodifikasi oleh chuz's kitchen
Untuk 1 resep 

Bahan :
2 butir telur
50 gr gula putih -- aku ganti separuhnya pakai gula palem
100 gr tepung terigu
125 gr pisang ambon/raja dihaluskan -- aku pakai pisang mas
60 gr mentega cair
1 sdm coklat bubuk atau coklat masak yang sudah dilelehkan untuk membuat motif marble

Cara Membuat
1. Kocok telur dan gula sampai Kaku, matikan mixer
2. Masukkan tepung terigu sedikit-sedikit dengan cara mengaduk pegang mangkok dengan tangan kiri lalu posisi dimiringkan tangan kanan mengaduk searah jarum jam dengan spatula besar / centong nasi lalu masukkan juga pisang sedikit-sedikit dengan cara mengaduk yg sama terakhir masukkan mentega ke dalam adonan tetap dengan cara mengaduk seperti sebelumnya. Sisihkan sedikit adonan untuk membuat motif marble. Tambahkan coklat bubuk/dcc cair. Aduk rata.
3. Tuang adonan ke dalam cetakan. Tuang adonan marble di tengah memutar. Lalu pakai tusuk sate/ garpu diputar-putar untuk mendapat motif marble.
4. Panggang di suhu 170C selama 30-40 menit atau dapat dikukus selama 30 menit
Tips tambahan nih :
1. Sebelum digunakan telur direndam sebentar dengan air hangat selama 2-3menit tujuannya agar putih telurnya cair dan saat dikocok dapat mengembang sempurna.
2. Mengocok telur dan gula sampai Kaku istilahnya ribbon stage, jadi Ketika adonan di angkat tidak menetes dan kental (ada di foto di atas)
3. Mentega yg dicairkan didinginkan terlebih dahulu jangan panas-panas dituang ke dalam adonan.
4. Saat mengaduk adonan dengan tangan, pegang mangkok yg berisi kocokan telur dan gula dengan tangan kiri dan dimiringkan lalu tangan kanan mengaduk searah jarum jam agak vertikal, dungsinya agar tidak banyak udara yg terbuang (tips Pak Wied Harry),  jadi disinilah kunci cake mengembang tanpa bakin powder dan baking soda dan agar putih telur tidak mencair.

Selamat mencoba :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...