Minggu, 21 Juni 2015

Moist Fudge Birthday Cake for Seyla

Alhamdulillah udah masuk bulan suci ramadhan. Alhamdulillah juga suami sudah pulih dari sakit malarianya. Bikin stress sampai libur baking. Nah ceritanya ini cake orderan dari seorang teman di puskesmas. Udah dari sebulan yg lalu. Mau dicancel ga enak akhirnya bismillah aja dicicil dikit-dikit bikinnya. Buttercream dibikin 2 hari sebelumnya. Cake dibikin siang hari H-1. Didekor malam setelah shalat tarawih. Bonusnya kesiangan ga sahur :(. Tapi insyaAllah semoga berkah. Base cake yg dipakai untuk cake ultah ini moist fudge cake yg dipanggang. Sebenarnya biasanya aku pakai basecake brownies kukus. Tapi karena customer mau ukuran cake lebih gede dari kapasitas panci kukus akhirnya pakai cake panggang deh. Tapi beberapa kali bikin cake panggang buat base cake ultah masih belum puas. Pernah bikin sebelumnya untuk suami. Cuma pengen resep beda. Coba-coba modifikasi beberapa resep akhirnya jadilah ini. Lembut banget dan nyoklat. Padahal ga pakai DCC dan cuma pakai 2 telur lho... Selamat mencoba :)

Moist Fudge Birthday Cake 2nd version

By chuz's kitchen

Bahan

- 225gr tepung terigu protein sedang
- 350gr gula kastor --> bisa pakai gula pasir biasa diblender
- 85gr coklat bubuk
- 1½ sdt baking powder
- 1½ sdt baking soda
- 2 butir telur
- 250ml buttermilk
- 125ml minyak sayur
- 2 sdt ekstrak vanilla
- 250ml air mendidih --> bisa ditambah kopi kalau suka

Cara Membuat

1. Panaskan oven 180C atau api sedang. Olesi margarin 2 loyang bundar diameter 20cm atau bisa juga pakai 2 loyang persegi uk 18x18cm. Beri kertas roti alasnya dan tabur tepung untuk loyang bagian tepi.
2. Campur bahan kering lalu ayak,sisihkan.
3. Masukkan telur,gula,minyak,buttermilk ke wadah lalu kocok dengan kecepatan tinggi,turunkan kecepatan masukkan bahan kering,tambahkan ekstrak vanila,kocok sampai rata.
4. Tambahkan air mendidih sedikit demi sedikit campur sampai rata (adonan akan cair sekali)
5. Bagi adonan menjadi 2 loyang dan panggang 25-35 menit atay sampai atasnya ga menempel lagi waktu disentuh jari dan test tusuk di tengah cake bersih.
6. Keluarkan dari oven. Biarkan dingin di loyang.
7. Kalau sudah dingin,lepaskan cake dari loyang dengan dibantu pisau untuk melepaskan sisi-sisi cake. Siap dihias.

Buttercream
Ala besta arlita NCC

Bahan:
- 500 gr mentega putih
- 250 gr white cooking chocolate (lelehkan)
- 1 kaleng susu kental manis

Cara Membuat:
1. Kocok dengan kecepatan tinggi mentega putih sampai ringan dan mengembang.
2. Masukkan bahan-bahan lain dengan kecepatan sedang sampai rata.
3. Siap diberi warna.

Untuk membuat cake ini aku pakai 2 resep cake agar jadi tinggi dan 1 resep buttercreamnya. Untuk pagar coklat pakai DCC yang dilelehkan dan dicetak menggunakan cetakan pagar coklat. 

Selamat mencoba :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...