Selasa, 01 Oktober 2013

AMRIS EKONOMIS


Amris itu apaan ya... Amris alias american risoles itu sebenarnya sama aja kaya risoles biasa, yang luar biasa itu isinya, karena agak kebule2an (ada mayones, daging asap, keju, dll) makanya disebut american risoles. Di America sendiri mah kagak ade nih yang namanya amris. Terus, kenapa ekonomis? Karena kemarin bikinnya cuma diisi seadanya yang ada di kulkas, mayones , keju, sama telur rebus doank. Hihihi... Tapi rasanya tetep enak banget donk #bangga. Pokoknya prinsipnya, makanan bikinan sendiri itu paling enak :D. Resepnya dapet dari blognya mbak nina. Bisa dilihat di sini. Tapi biar lebih jelas, aku tulis lagi ya...

AMERICAN RISOLES (AMRIS) 
resep diadaptasi dari amris mbak nina agustina di sini
Bahan Kulit :
100 gr tepung terigu serbaguna
1 sdt garam
3 butir telur
250 ml susu cair
1 sdm mentega leleh --> aku ganti minyak goreng, kenapa kudu diganti minyak goreng? baca alasannya di sini ya ;)
margarin untuk olesan --> ga pakai, teflon masih bagus, jadi ga pakai pun ga lengket, kalo teflonnya agak lengket, oles sedikit minyak goreng aja pas pertama kali, selanjutnya ga perlu

Bahan Isian :
smoked beef, belah 2 --> ga punya
sosis, potong jadi 2 --> ga punya juga (melas banget)
telur rebus, potong jadi 6 bagian --> nah kalo yang ini ga punya juga mau diisi apaan donk ya :)
keju cheddar parut secukupnya
mayonaise secukupnya --> aku pakai mayones jadi dari mamasuka, kalau mau bikin sendiri bisa kok, aku pernah ngepost di sini

Bahan Pelapis :
 3 telur kocok lepas
tepung panir secukupnya

Cara Membuat :
- Ayak tepung terigu dan taruh di dalam bowl bersama garam. Buat lubang di tengahnya dan pecahkan telur. Aduk satu arah hingga rata.
- Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga adonan menjadi licin dan halus.
- Masukkan mentega leleh minyak goreng, aduk rata kembali.
- Tutup adonan dengan plastik atau serbet bersih dan diamkan selama 30 menit.
- Siapkan wajan dadar (aku pakai teflon aja), oles dengan margarin dan dadar tipis hingga adonan habis. 
- Ambil selembar kulit, tata bahan isian dan gulung dengan rapi. Lakukan hingga habis.
- Gulingkan amris ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan ke tepung panir kembali. Lakukan hingga habis.
- Masukkan amris yang sudah dipanir ke dalam chiller selama kurang lebih 1 jam agar panir menempel sempurna (aku langsung goreng, udah ga sabar mau makan :D).
- Goreng amris dalam minyak yang panas dan banyak (deep frying) hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
- Siap dihidangkan dengan saus sambal favorit.
Rasanya uenak, garing di luar, lumer di dalam :D. Ternyata gampang banget kan bikinnya, tunggu apalagi, mau menu sehat kaya rasa, ikuti terus dapur mama chuz ya ;) #promosi habis-habisan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...