Selasa, 01 Oktober 2013

Nugget Ikan Tahu Sawi (8 mos+)


Beberapa bulan yang lalu, waktu rafa sudah mulai makan yang macam-macam seperti ayam, ikan, daging, sering aku bikinin nugget. Soalnya bikinnya bisa sekalian banyak terus disimpen di freezer, kalo mau disajikan tinggal goreng. Tapi akhir-akhir ini jadi jarang bikin soalnya rafa jadi ga doyan, entah kenapa. Udah dibikinin macem-macem dicampurin wortel yang biasanya suka juga ga dimakan, Cuma dibejek-bejek doank. Akhirnya dia Cuma makan karbo deh L sedih banget.

Kenapa sekarang bikin lagi? Penasaran aja, kali aja rafa mau lagi. Dan ternyata, masih sama sodara-sodara, ditolak T_T #nangisdipojokandapur. Padahal nugget ini memuaskan teksturnya buat aku, selama ini bikin nugget sering lembek. Nugget yang ini teksturnya padet dan enak banget :). Kalo ga mau digoreng semua, sebagian bisa disimpan dalam wadah tertutup dan masukin freezer. Kalau mau disajikan tinggal digoreng deh. Bisa jadi alternatif buat mommy yg sibuk, bikin pas weekend jadi tinggal goreng pas mau disajikan. Gampang banget kan? Dan yang pasti sehat, ada komponen sayurnya, dan bebas bahan pengawet. Masih mau beli nugget yg di supermarket itu? Kalau aku ogah deh :)

Nugget ikan tahu sawi (8 mos+)

Bahan:
- 100 gr ikan, cincang halus atau diblender
- 1/2 potong tahu putih,hancurkan
- 2 buah roti tawar,buang pinggirnya,rendam dalam susu sedikit,sobek2
- 5 lembar daun sawi cincang halus
- 1 butir telur ayam, kocok lepas à <1th kuning telurnya aja
- Garam secukupnya à <1th, skip
- Lada secukupnya –> <1th, skip
- 1 siung bawang putih,cincang halus

Pelapis: à di bawah 1 tahun panggang tanpa minyak di teflon aja J
- 1 putih telur kocok lepas
- tepung panir secukupnya

Cara membuat:
- campur semua bahan sampai rata,tuang dalam wadah tahan panas yangvdioles sedikit minyak
- kukus selama 20 menit (tutup panci dibungkus kain) biar ga basah adonannya
- angkat, sisihkan sampai dingin, potong-potong
- baluri nugget dengan telur, gulingkan dalam tepung panir, diamkan beberapa saat, agar tepung panir menempel sempurna
- goreng dalam minyak panas sampai kekuningan
- angkat dan sisihkan

selamat mencoba :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...