Kamis, 03 Oktober 2013

Roti Kentang Sobek (Potato Bread)


Ngebread lagi nih ceritanya.. Udah lama pengen nyobain roti kentang tapi baru keturutan sekarang. Kalau sebelumnya bikin roti dicampur pumpkin, resepnya bisa dilihat di sini. Roti kentang ini rasanya enak banget, ga kalah sama pumpkin bread, dan roti yang dibikin dengan metode water roux. Penambahan kentang membuat adonannya menjadi lebih lembut. Mengenyangkan Jelas!! Dan tentunya lebih sehat bila dibandingkan roti yang dibuat full pakai tepung terigu. 


Blogwalking nyantolnya di blognya mb nina, resepnya bisa dilihat di sini. Kalau mb nina pakai loyang kotak, aku pakai loyang bulat. Soalnya ga punya loyang kotak yang tinggi. Karena pakai loyang bulat jadinya kaya bunga deh. Cantik kan :) Puas sama hasilnya. Ini atasnya aku tambahin taburan gula pasir biar kaya bunga beneran, terinspirasinya si dari roti krumpul, biasanya kan ditaburi gula pasir gitu. Roti sobek ini bisa jadi alternatif untuk yang males ngebentuk roti macem2 kaya aku :D (jangan ditiru!).

Dari 1 resep ini bisa jadi 16 sobek roti. Lumayan banget lah. Bisa disimpan di kulkas buat stok (seharusnya sih ga di kulkas biar tetep lembut, tapi karena biar lebih trahan lama, aku masukin kulkas, kalau mau dimakan, aku masukin magic com di atas nasi :D (ngirit.com), kalau punya microwave, mendingan pakai microwave aja. 

Roti Kentang Sobek (Potato Bread)
resep diadaptasi dari potato bread mb nina agustina, bisa dilihat di sini.

Bahan A :
200 gr tepung terigu protein tinggi --> aku pakai protein sedang (segitiga biru), di sini ga ada tepung terigu prot tinggi
100 gr tepung terigu protein rendah --> aku pakai protein sedang
7 gr ragi instan
65 gr gula pasir --> aku kurangi jadi 50 gr saja
10 gr susu bubuk full cream

Bahan B :
2 kuning telur
125 ml susu cair dingin --> ga ada stok, jadi pakai air es

Bahan C :
100 gr kentang kukus, haluskan
35 gr margarin / butter --> aku ganti minyak goreng
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla susu --> skip

Bahan Isi:
- Meses coklat 
- Keju parut
- Coklat blok cincang
- Gula palem
- Dll sesuka hati ya :)

Bahan Olesan :
1 kuning telur + 1 sdm susu cair --> susunya aku ganti air biasa (warnanya lebih cantik kalau pakai susu ya)

Cara Membuat :
- Campur jadi 1 bahan A, aduk rata.
- Masukkan bahan B, diawali dengan kuning telur dan susu cair air sedikit demi sedikit. Hentikan penambahan susu air apabila adonan sudah basah atau tambahkan apabila adonan masih kering.
- Uleni hingga kalis dan tidak menempel di bowl.
- Masukkan bahan C, uleni kembali. Adonan akan menjadi lengket karena penambahan kentang. Uleni hingga kalis dan mulus.
- Pindahkan adonan ke meja yang sudah ditaburi terigu, uleni kembali sebentar dengan gerakan seperti mencuci baju. Jika terasa lengket bisa ditambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis elastis.
- Bulatkan adonan, letakkan di bowl yang sudah dioles minyak dan tutup dengan serbet bersih yang lembab. Istirahatkan hingga mengembang 2x lipat, kurang lebih selama 45-60 menit (proofing 1).
- Setelah mengembang, kempiskan adonan, uleni kembali sebentar hingga adonan lentur kembali.
- Timbang adonan (untuk roti sobek ini aku timbang @50 gr) dan bentuk bulat. Simpan di loyang yang sudah dioles margarin. Istirahatkan kembali selama 10-15 menit (proofing 2).
- Beri isian secukupnya, tata kembali dalam loyang dan istirahatkan kembali selama 30-45 menit (proofing 3).
- Panaskan oven 200'C, sesaat sebelum dioven olesi adonan dengan bahan olesan. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit hingga permukaannya kecoklatan.
- Angkat dan keluarkan dari oven. Panas-panas beri olesan butter/margarin.


Yang ini aku isi gula palem, enak juga :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...