Sabtu, 05 September 2015

Green Tea Dorayaki

Hari ini ceritanya rafa habis kena serangan sesak. Emaknya kurang tidur juga. Kebetulan udah dimasakin sayur sama lauk tapi ga suka. Tiba2-tiba minta dibikinin brownies. Heu heu.. itu masih grok grok parah,mikir deh bikin yg manis tapi ga terlalu manis. Akhirnya pilihan jatuh ke dorayaki.

Sebenarnya,sebelum ini sudah pernah posting juga resep yg sama dengan isian selai ovomaltine di sini,tapi kali ini dimodif airnya jadi 100ml soalnya kalau pake 50ml doank jadi tebal banget,kurang suka ;). Isian boleh apa aja, kalo mau kaya doraemon bisa bikin pasta kacang merah. Tapi kali ini ludes duluan sebelum diisi. Kecepatan memasak tidak sebanding dgn kecepatan makan :D

Green Tea DORAYAKI

Bahan:
2 butir telur
80 gr gula pasir
1 sdm madu
1/2 sdt soda kue
100 ml susu uht atau air juga boleh
130 gr terigu protein rendah (sedang juga tidak apa apa)

1/4 sdt green tea bubuk

Cara Membuat:
1. Kocok telor, gula,madu dengan whisk sampai agak mengembang/pucat. tidak perlu lama lama sampai mengembang seperti membuat cake. Yang penting lebih kental.
2. Masukkan tepung,green tea bubuk,dan soda kue, aduk dengan whisk secukupnya.
Agak kasar memang, nanti akan menghalus setelah air/susu masuk.
3. Masukkan air, aduk dengan whisk, diamkan 10 menit. Aduk lagi.
4. Tuang dengan sendok sayur ke teflon datar, api kecil (wajan di tutup lebih baik, tidak juga tidak masalah). Setelah muncul gelembung gelembung dan pinggiran tidak basah, balik adonan. Panggang sebentar. Angkat.

TIPS:
1. Ingat langsung tutup dengan serbet, dorayaki yang sudah matang (panas). Ini supaya dorayaki tetap empuk. Simpan di wadah kedap. Tahan 2 hari
2. Gunakan teflon yang masih baik, supaya tidak lengket.
3. Untuk langkah pertama, kuaskan minyak tipis pada teflon, lalu lap dengan tissue halus. Wajan seperti kering tanpa minyak kembali, tapi bila di usap tangan ada lapisan minyak tipis. Lalu dadar adonan. Setelahnya tidak perlu kuas minyak lagi supaya mulus.
4. Gunakan api kecil, ingat api kecil ya...
5. Setelah dingin, dilingkaran bagian dalam dorayaki akan keluar seperti madu (ya emang madu sihhh). Ini akan menjadi lem ketika di tangkupkan.
Isian bebas yaa...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...