Jumat, 14 Agustus 2015

Pisang Goreng Kipas

Tinggal di pelosok itu banyak suka dukanya. Sukanya seringkali tiba-tiba ada yg ngasih hasil bum macan ubi,singkong,nah kali ini tiba-tiba dikasih pisang raja. Senanganyaaaa.. karena rafa maniak pisang goreng yang biasanya beli sekalian sama air guraka (wedang jahe kalo di malut sini jadi air guraka) ya udah deh langaung goreng aja. Nah beberapa kali bikin pisang goreng kurang mantep aja adonannya. Kali ini coba resep mnba endang justtryandtaste.com. alhamdulillah cukup oke tapi ada komponen yg dikurangi dan ditambah sendiri. Sesuai selera kan ya... enak banget. Apalagi makannya pake dabu-dabu (sambal kalo di sini dabu-dabu). Nah, kebiasaan di sini emank makan pisang pakai sambal ya... akhirnya lama-lama ketularan juga. Hehehe.. awalnya aneh tapi jadi kecanduan sambal juga. Wewww.. inget lambung euyyy.. yuk dicoba resepnya

Pisang Goreng Kipas

Bahan adonan tepung:
- 12 buah pisang (saya pakai pisang raja,bisa juga pakai pisang kepok)
- 100 gram tepung terigu serba guna
- 25 gram tepung beras
- 25 gram tepung tapioka
- 1/2 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 200 ml air es (resep asli 175ml air es tambah 1 kotak kecil es batu)

Cara membuat:
1. Siapkan pisang. Kupas pisang, kemudian belah dari bagian pangkal pisang tipis-tipis hingga ke ujung buah, jangan sampai putus ya. Ketika dipentangkan pisang seperti membentuk jemari tangan.

Note: Tips dari blog mba endang, belah pisang dari bagian pangkal buah, bukan dari bagian ujung. Membelah dari bagian pangkal akan membuat pisang menurut kala dipentangkan melebar.

2. Siapkan mangkuk, masukkan semua tepung, baking powder, garam dan gula bubuk. Aduk rata. Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat dan kuat dengan spatula hingga menjadi adonan yang halus dan smooth.  Jika adonan bergerindil, saring adonan. Masukkan satu potong es batu ke dalam adonan untuk menjaga adonan tetap dingin sehingga crispy ketika digoreng.
3. Siapkan wajan berisi minyak yang banyak, panaskan minyak dan tes dengan menjatuhkan beberapa tetes adonan ke minyak, jika adonan langsung mengapung maka berarti minyak telah cukup panas.
4. Celupkan pisang kedalam adonan, pentangkan hingga pisang membentuk kipas, goreng dalam minyak panas hingga seluruh permukaan pisang terendam minyak. Goreng hingga kekuningan balikkan dan goreng sisi sebelahnya hingga permukaan pisang terlihat crispy dan kering. Angkat dan tiriskan.

Selamat Mencoba

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...