Selasa, 18 April 2017

Sweet Roll Bread

Dapat request untuk posting roti yg ga perlu diuleni. Roti ini sudah lama difoto hanya mengantri aja diposting. Nah pas banget ada yg request, keluar kandang juga. Hehehe. Resepnya ini dari mba nikmatul rosidah, resepnya mba nik un to k roti mantap. Rotinya meski tidak diuleni tapi leeeemmbbuuutt sangat. Sampai esok harinya pun masih lembut. Tapi, jangan kaget kalau adonannya lengket. Saya bikin dua kali yg kedua lengket banget padahal takaran sama, entah kenapa sebab. Tapi ga masalah, tinggal tabur tepung di tangan dan alasnya agar mudah membentuknya.

Untuk olesannya sukaaa,,tapi saya kurangi sedikit takaran gulanya agar tidak terlalu manis. Saya panggangnya selalu pakai otang ya, alias oven tangkring karena belum punya oven listrik maupun oven gas. Pe de ka te sama si otang udah berhasil sih :p. Jadi oven apapun yg dipakai itu perlu banget untuk mengenalnya, sama suami aja perlu pe de ka te buat kenal karakternya. Eaaaa :D "jayus" yaakk (angkatan berapaaaahh kenal "jayus" wkwkwk

Selamat mencoba :)

Sweet Roll Bread (Tanpa Diuleni)

Bahan-bahan:

- 50 ml Air Hangat
- 2 1/4 sendok teh Ragi (contohnya Fermipan/Saf)
 m
- 50 gram Gula pasir
- 250 ml Susu Tawar, hangat
- 1 butir Telur, kocok
- 1 1/2sdt sendok teh Garam
- 75 gram Butter
- 510 gram Tepung Terigu protein sedang, contohnya Segitiga Biru/kompas (bisa diganti dengan 500gr tepung terigu cakra kembar)
- Secukupnya Wijen, untuk taburan
- 1 butir kuning telur, untuk olesan roti

Bahan olesan di tengah roll
- 20 gram butter
- 3 sendok makan gula halus (gula donut)
- 1 sendok teh madu

Cara Membuat:

1. Campur ragi dan air hangat (air jangan terlalu panas karena bisa mematikan ragi) tambahkan 1 sdt gula pasir aduk aduk biarkan selama 8 menit sampai ragi berbuih.

2. Di mangkok besar, ayak tepung dan masukkan garam serta gula pasir.aduk aduk lalu masukkan butter dan remas remas ditepung sampai Rata.

3. Masukkan cairan ragi dan telur kocok.

4. Masukkan susu dan campur semua jadi satu dengan tangan sampai rata.

5. Adonan ini jangan di uleni cukup aduk saja tapi agak lengket di tangan saat mencampur. Bersihkan tangan dengan Spatula serta pinggir pinggir mangkok.

6. Tutup dengan plastik atau kain dengan rapat. Biarkan selama satu jam (mengembang 2 kali lipat).

7. Siapkan bahan olesan dalam roll

8.Kempeskan adonan tuang ke permukaan yang sudah ditabur sedikit tepung. Bagi adonan jadi dua. Lalu pipihkan dengan Rolling pin. Untuk supaya adonan tidak lengket di Rolling pin alasin adonan di atasnya dengan plastik.

9. Bentuk jadi bulat. Lalu poles dengan campuran Butter gula secara merata.

10. Potong dengan pisau menjadi 12 bagian. Lalu gulung dari yg lebar ke arah yang kecil. Supaya tangan tidak lengket usap dengan tepung.

11. Tata di loyang, lalu oles dengan telur dan taburin dengan wijen. Biarkan selama 15 menit.

12. Nyalakan oven dengan suhu 180 derajat. Jika oven sudah cukup panas panggang selama 15 menit.

13. Untuk mendapatkan warna kecoklatan gunakan oven api atas bawah. Panggang di rak paling bawah. Jangan over baked. Ini roti sangat lembut dan berserat panjang serta tetep lembut keesokan hari nya.

14. Untuk mendapatkan roti biar tetep kilap dan moist gunakan poles butter dan madu. Aduk jadi satu. Begitu Roti keluar oven langsung poles dengan madu dan butter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...