Senin, 03 April 2017

Banana bread

Sejak ada si embak yang bantu-bantu di rumah meski hanya setengah hari, alhamdulillah, sangat membantu bisa menyalurkan hobi lagi. Nah karena si embak orang asli sini jadi terpengaruh juga kebiasaan makan pisang goreng setiap hari. Tapi ingat minyaknya, duuuhh.. Trus kepikiran bikin banana bread, kebetulan pisangnya udah matang sekali, udah berbintik-bintik hitam. Mbayangin manisnya kue pisang.. Sedaaappp.. Langsung cus cari resep, dapat di blognya mba nina. Resep asli dari joy of baking. Hasilnya banana breadnya lembuutt, enak banget, rafa aja makan bolak balik. Dan ludes di hari yg sama. Hahaha. Hari berikutnya masihinta lagi pula. Weewww.. Alhamdulillah yaaa..

Selamat mencoba :)

BANANA BREAD

Bahan :
230 gr tepung terigu serbaguna
100 gr gula pasir
40 gr gula palem
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt garam
1/2 sdt kayu manis bubuk
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
113 gr butter / margarin leleh
450 gr pisang (saya pakai pisang sepatu yg sudah ndalu (matang sekali sampai berbintik2 hitam), lumatkan dengan garpu
1 sdt vanilla (skip)

Topping (optional) :
1 buah pisang, iris tipis
bisa juga memakai keju, chocochips, almond atau kenari, sesuai selera yaa

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C, siapkan loyang (aku pakai loyang loaf 23x10x7 cm), olesi dasar dan sisinya dengan margarin, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.
- Dalam sebuah wadah, campur dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir, gula palem, vanilla bubuk dan kayu manis bubuk. Aduk rata dan sisihkan.
- Dalam wadah lain, campurkan pisang yang sudah dilumatkan, telur dan margarin leleh. Aduk rata.
- Masukkan ke dalam campuran tepung, aduk perlahan hanya sampai tercampur rata saja. Teksturnya akan seperti lumpur, tidak perlu sampai halus.
- Tuang adonan ke dalam loyang, taburi topping dan panggang selama kurang lebih 50-60 menit hingga matang (tergantung oven masing-masing ya).
- Lakukan test tusuk dan angkat. Dinginkan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...