Sabtu, 07 September 2013

Bothok Ayam Jagung Manis (8mos+) #30hariberbagiresep Day 7

 
Wah, udah seminggu aja nih berbagi resepnya. Hari ini mau ngepost resep yang sebenarnya udah aku bikin 2 minggu lalu, tapi karena belum nampang di blog, jadi aku masukin ini aja deh. Ide awalnya, karena rafa suka banget sama makanan yang berbau jagung. Jagung rebus gitu aja pasti ludes. Nah, untuk variasi dan sekalian bikin buat mama papanya, dibikin yang bisa buat lauk juga deh.

Kalau di Solo, yang sering aku makan, bothok biasanya dicampur sama "mlanding" (petai cina), daun so, dan ikan teri. Bothok ini dimasak dengan bungkus daun pisang. Tapi karena lagi ga punya daun pisang dan malas cari (alesan), akhirnya pakai alu foil aja deh. Bothok sekarang tidak hanya menggunakan bahan utama daun so atau ikan teri saja. Di beberapa tempat yang menjajakan masakan khas Kota solo, bothok dibuat dengan bahan berbeda seperti ikan, daging, bahkan tahu atau tempe. Biar ada cita rasa manis, aku tambah deh jagung manis. Ternyata enak juga lho, rasanya manis dan gurih. Kalau buat yang dewasa bisa ditambah cabe biar pedas. Enak :)
Bothok Ayam Jagung Manis (8mos+)

Bahan:
- 100 gr fillet ayam (cincang halus) --> bisa diganti ikan, tempe, tahu, atau bahan2 protein lain yang ada di kulkas
- 100 gr jagung manis, dipipil
- 5 sdm kelapa parut
- 6 lembar daun salam
- 1 cm lengkuas, geprek
- daun pisang/ alu foil

Bumbu Halus:
- 3 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 1 cm jahe
- 3 buah cabe merah besar, 2 buah cabe rawit --> untuk dewasa
- 1 sdt gula pasir (under 1y skip)
- 1 sdt garam (under 1y skip)
- 1/2 sdt merica bubuk (under 1y skip)

Cara Membuat:
- Panaskan kukusan
- Jika memakai daun pisang, panaskan daun di atas api sebentar agar agak layu
- Campur semua bahan dan bumbu halus dalam sebuah wadah (kecuali daun salam dan lengkuas)
- Taruh daun salam dan lengkuas di dasar daun pisang/ alu foil, taruh 3 sdm adonan di atasnya, bungkus bentuk tum
- Kukus sekitar 20 menit
- Angkat dan sajikan dengan nasi panas
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...