Jumat, 13 September 2013

Roti Ubi (Sweet Potato Bread) #30hariberbagiresep Day 11


Wah,,telat bikin postingan #30berbagiresep buat hari ke-11 nih. Sebenarnya bukannya ga ada yang dibikin, tapi ga sempat ngetik sama sekali kemarin. Rafa lagi susah tidur,jadi seharian ga bisa ikut istirahat, malem langsung tepar. Hmmm,jadi curhat nih. Pokoknya aku mau bayar hutangnya hari ini, langsung ngepost 3 resep. Moga2 selesai.
Resep pertama ini aku pilih roti ubi, kenapa? lagi-lagi karen astok ubi yang melimpah. Emank seneng banget sama olahan ubi, manis si. Resepnya dapat dari blognya mb hesti. Meski eksekusi akhirnya ga sebagus punya mbak hesti, tapi gapapa lah, namanya juga belajar. Dan bedanya lagi, mb hesti pakai ubi ungu, aku pakai ubi putih biasa. tapi rasanya tetep enak, cuma ga secantik kalau pakai ubi ungu.
Kalau sebelumnya aku pernah ngepost roti pakai metode water roux. Kali ini ga pakai metode itu, hasilnya tetep lembut, tapi masih kalah lembutnya sama metode water roux.

Roti Ubi (Sweet Potato Bread)
diadaptasi dari resep roti ubi ungu mb hesti


Bahan :
350 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram tepung protein sedang 
200 gram ubi ungu kukus halus --> aku pakai ubi putih
  10 gr ragi instan
    2 buah kuning telur
  75 gr susu bubuk
  75 gr gula pasir
200 ml air hangat
  60 gr margarin --> aku ganti minyak goreng
    1 sdt garam
Filling ubi
150 gr ubi ungu kukus halus --> aku pakai ubi putih
  30 gr gula pasir
  25 gr butter --> aku ganti minyak goreng 1 sdm
  25 ml susu cair --> pakai warna coklat biar lebih berwarna :)
Olesan 
    1 kuning telur
    3 sdm susu cair
Cara Membuat : 
  1. Masukkan ragi dalam air hangat dan biarkan 15 menit sampai berbusa
  2. Dalam mixer roti (aku pakai tangan) masukkan tepung terigu ke dalam wadah, ubi kukus dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan kuning telur dan air ragi. Mulai nyalakan mixer proses uleni sampai kalis, masukkan garam dan margarin lalu mixer uleni sampai adonan elastis.
  3. Tutup dengan kain lembab, fermentasikan selama 45 menit
  4. Bentuk adonan sesuai selera, bisa diisi dengan ubi halus 
  5. Oles dengan kuning telur yang sudah dicampur susu cair, panggang sekitar 12 - 15 menit dengan panas 200 C --> karena pakai oven tangkring, cek suhu oven pakai kira2, kalau lengan kita dimasukkan ke dalam oven sampai hitungan 10 sudah tidak kuat berarti suhu oven >180 derajat
  6. Angkat dan olesi dengan butter (biar tambah mengkilap)
Rasanya uenak banget... manis.. Pantes ya dikasih nama sweet potato, karena emank rasanya manis. Kalau untuk roti sobek, aku isi coklat blok cincang, rasanya jadi kalah sama rotinya, tapi kalau untuk yang diisi ubi, manisnya pas :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...