Selasa, 10 September 2013

Urap Sayur dan Ikan Barakuda Panggang #30hariberbagiresep Day 10

 
Kalau lagi pengen menu sehat dan cepet masaknya, biasanya aku tinggal potong-potong sayuran, rebus, trus bikin sambal pecel sendiri atau sambal urap kaya gini. Nah, paling enak kalo menu urap sayur dimakan pakai nasi panas plus ikan atau ayam, digoreng atau dipanggang. Terus, ikan barakuda tuh kaya apa si? Kalau yang belum tau, ikan Alu-alu atau barakuda adalah sejenis ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal sebagai ikan yang menyeramkan dan berukuran tubuh besar, yaitu panjangnya berukuran enam kaki dan lebar satu kaki. Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus. Ikan ini dapat ditemukan di jalur lautan tropisdan subtropis di seluruh dunia misalnya di kawasan lautan Ambalat (Wikipedia).  


 (sumber: wikipedia)
Di Tobelo (halmahera utara) sini, ikan barakuda sering dijumpai di pasar. Harganya tergantung musim, kalau lagi banyak murah, tapi kalau lagi sedikit ya mahal. Kemarin aku beli 1 piring 30 ribu (di sini jualnya di piring-piring gitu, ga pakai timbangan). Tapi kalau ditimbang sekitar 1/2 kg. Tertarik beli gara-gara liat fish n chef, chef winnie masak ikan barakuda, katanya ikannya lembut banget. Wah, langsung deh pengen nyari. Dan ternyata pas banget berjodoh di pasar ada :). Ikan barakudanya cuma aku marinade pake lemon cui (jeruk manis yang kecil-kecil), diamkan 20 menit, dibilas. Terus dimarinade lagi sama garam n merica. Panggang di teflon (ga usah pakai minyak, ikannya juicy banget). Untuk urapnya, aku tulis resepnya di bawah ya...

Urap Sayur
Bahan:
- 1 ikat kacang panjang, potong-potong
- 1 ikat bayam, disiangi
- 2 buah wortel, kupas, potong seperti korek api

Bahan sambal urap:
- 300 gram kelapa parut kasar

Bumbu halus:
- 7 buah cabai merah keriting
- 3 siung bawang putih
- 3 cm kencur
- 6 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
- 1 1/4 sendok teh garam
- 4 sendok teh gula merah sisir

Cara Membuat:
1. Rebus masing-masing sayuran
2. Sambal urap: aduk rata kelapa parut dan bumbu halus, kukus 25 menit sampai matang. Angkat.
4. Campur sambal kelapa dengan sayuran. Aduk rata. Sajikan.


Note: sayuran bisa ditambah kol, taoge, atau daun singkong. Tergantung isi kulkas aja :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...