Kamis, 05 September 2013

Brownies Ubi Panggang for My 2nd Anniversary #30hariberbagiresep Day 5

 
Bingung itu saat dapat ucapan happy anniversary dari bulik yang malah inget kalo tanggal 4 September itu my wedding day. Oh my God! Aku lupa! Benar-benar lupa! Tapi masih bersyukur karena diingatkan lewat sms dari bulikku yang baik banget. Hmmmm, aku langsung berpikir cepat, mau bikin apa buat sekedar merayakan dan mengingat hari bahagia itu. Waktu liat di dapur ada stok ubi yang melimpah (niatnya mau dibikin macem-macem tapi belum sempat juga #soksibuk) kepikiran deh buat bikin olahan dari ubi. Karena lagi pengen yang "nyoklat" dan hubby suka banget sama brownies, akhirnya bikin brownies ubi deh. Browsing sana sini dan akhirnya memutuskan memakai resep dari si cantik nan sexy "farah quinn". Resep brownies ubi farah quinn ini ditayangkan di ala chef trans tv dan dipost juga di websitenya farah.
Biasanya yang diolah menjadi brownies itu si ubi ungu, karena warnanya akan semakin menarik. Brownies ubi ungu ini pernah juga dipost sama mak diah didi lho. Tapi versi kukus. Nah, aku pengen bikin brownies panggang, soalnya belum pernah bikin. Kalau brownies kukus udah pernah beberapa tahun yang lalu (catet nih, beberapa tahun :D).

Kalau kemarin aku masih ragu-ragu mau bikin cake yang perlu dimixer karena aku ga punya mixer, sekarang udah ga bingung lagi. Berterimakasih sama pak wied harry yang memberikan tips mengocok telur tanpa mixer, dengan menaruh wadah yang digunakan untuk mengocok telur di atas wadah lain berisi air panas. Aku praktekkan tadi, dan berhasil. Yeay! I did it! Oh iya, ini versi seadanya dan sesempatnya, maksudnya, aku bikinnya disambi momong anakku, jadi ya terbatas waktunya. Menghiasnya juga seadanya #malu, tutup panci mana tutup panci! >.<. Tapi rasanya enaaaaakkkk,, lumer di mulut. Coklat blok yang aku pakai juga cuma setengah resep (takut gemuk :D), meski cuma separuh, rasanya udah nyoklat banget.Yuk dilihat resepnya..

Brownies Ubi Panggang
diadaptasi dari resep brownies ubi farah quinn
Bahan:
200 gram ubi, dikukus, dihaluskan
150 gram margarin --> aku ganti minyak goreng dengan berat yang sama
200 gram dark cooking chocolate, potong-potong --> aku cuma pakai separuhnya (100 gram) potong-potong, taruh di wadah yang diletakkan di atas wadah lain yang berisi air panas, tunggu sampai leleh
3 butir telur
100 gram gula pasir
50 gram tepung terigu protein sedang --> aku pakai segitiga biru
25 gram cokelat bubuk --> aku skip, lagi ga punya stok
15 gram susu bubuk --> aku pakai milo coklat
1/2 sendok teh baking powder
75 gram kismis, dipotong 2 bagian --> aku skip, lagi ga punya stok
100 gram kacang tanah, disangrai, cincang kasar --> aku skip, lagi ga punya stok
Bahan Taburan:
15 gram kacang tanah kupas, disangrai, dicincang kasar --> aku pakai gula halus, meses, dan keju parut

Cara Membuat:
1. Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut. Campur minyak goreng dan coklat leleh, tambahkan ubi. Aduk rata. Sisihkan dan biarkan mengental.
2. Kocok telur dan gula pasir 2 menit sampai rata --> aku pakai cara yang udah dijelasin tadi, kira-kira 5 menit aku kocok pakai whisk. Masukkan campuran margarin minyak sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
3. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak --> aku males ngayak (jangan ditiru ya :D) dan dikocok perlahan. Masukkan kismis, dan kacang tanah. Aduk rata.
4. Tuang adonan di loyang 30x10x4 cm bulat yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburkan kacang.
5. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celsius 30 menit (aku pakai otang, api sedang 45 menit). test kematangan dengan cara tusuk pakai tusuk gigi, kalau sudah tidak ada yang menempel berarti sudah matang. Dinginkan. Taburi dengan topping sesuai selera.

Lucunya, pas aku kasih ke hubby sambil bilang "happy anniversary!" hubby malah bengong dan nanya ini tanggal berapa. Alamaaaakkk,,ternyata kita berdua sama2 lupa :D. Jadi resep spesial nih, karena dibikin di hari spesial, untuk orang yang spesial pula :). Selamat mencoba!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...