Kamis, 19 September 2013

Kangkung Belacan #30hariberbagiresep Day 19

Kangkung itu salah satu makanan favoritku dari sejak jaman kecil dulu. Sayuran yang pertama kali disukai nih (dulu picky eater banget, sayuran lain ga mau :D). Paling sering kangkung aku masak oseng-oseng aja. Sejak pindah ikut suami ke halmahera utara sini, ga ada yang jualan lotek, aaaakkk pengen banget. Kalau bikin sendiri ga seenak lotek dekat kampus langganan waktu masih kuliah dulu. Sebenarnya pengen nyobain bikin lotek sendiri, tapi pas liat stok kulkas, ga ada kacang tanah. Ya udah, harus berubah haluan nih. Cari-cari resep di site andalan, resep keluarga nugraha, ada kangkung belacan. Ini linknya. Kayanya enak nih, dicoba deh akhirnya. Dan ternyata cocok di lidah, soalnya aku suka pedas, suami juga. Pas deh... :) Resep aslinya pakai 2 ikat kangkung, tapi aku cuma masak 1 ikat doank. Soalnya terlalu banyak buat berdua kalo 2 ikat. Tapi ini yang aku tulis sama kaya di resep asli ya.

Kangkung Belacan
Resep diadaptasi dari www.resepnugraha.net

Bahan: 
- 2 ikat kangkung, cuci, lalu siangi
- 1 buah tomat, potong jadi 8 --> aku potong kecil-kecil btk dadu, soalnya suami ga suka kalo tomatnya masih gede-gede :D
- Minyak goreng untuk menumis

Bumbu, tumbuk kasar:
- 6 buah cabe merah
- 5 buah cabe rawit merah
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt terasi
- 1 1/2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir

Cara Membuat:
- Rebus sayur kangkung sampai layu, sisihkan --> jangan terlalu lama ya, nanti nutrisinya banyak berkurang
- tumis bumbu yang sudha ditumbuk kasar sampai harum dan matang
- Masukkan tomat, masak sampai tomat layu
- Tata kangkung di atas piring, siram dengan tumisan bumbu

Catatan: kalau suka pedas ditambah sendiri cabenya ya :)

Gampang kan.. Selamat Mencoba!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...