Jumat, 06 September 2013

Roti Gulung Ikan Sayuran (1y+) #30hariberbagiresep Day 6

 
Baru sempat bikin postingan buat hari ke-6 ini setelah bos kecil tidur. Udah gitu pake acara mati lampu segala. 3 jam masih belum menyala juga. Alhamdulillah laptop masih terisi baterainya. Langsung cepet-cepet bikin deh.
Kali ini, mau bagi-bagi resep sarapannya rafa. Rafa paling suka sama roti tawar. Cuma disuwir2 aja mau, apalagi kalau diisi model sandwich gitu. Biar ga bosen biasanya isinya yang aku ganti-ganti. Yang wajib ada sayuran, trus tinggal ditambah daging/ ayam/ ikan sesuai isi kulkas aja. Bikinnya cepet dan bisa disimpan di freezer pula :), jadi cocok nih buat para working mom.

Roti Gulung Ikan Sayuran (1y+)
sumbernya otak mama chuz sendiri ya :)

Bahan:
2 lembar roti tawar, gilas pakai rolling pin/ botol/ gelas
minyak goreng secukupnya

Isi:
- 50 gram ikan giling (kalau aku tadi pagi karena ikannya beku, langsung diparut pakai parutan keju, lumayan juga, lumayan dingin maksudnya >.<) --> bisa diganti daging atau ayam
- 3 batang buncis, iris tipis
- 2 sdm wortel cincang/parut
- 2 butir bawang merah, iris tipis
- 1/8 sdt garam
- 1/4 sdt gula pasir
- 1/8 sdt merica bubuk
- daun bawang iris tipis
- seledri, cincang
- 3 sdm air
- 1/2 sdm tepung maizena larutkan dengan air

Pelapis:
- 1 butir telur, kocok rata
- Tepung panir secukupnya

Cara Membuat:
1. Isi: tumis bawang merah dengan sedikit minyak hingga harum, masukkan ikan, wortel, dan buncis, aduk hingga ikan kaku dan berubah warna. Tambahkan air, garam, gula pasir, dan merica, masak hingga ikan matang dan sayuran empuk. Tunggu hingga air meresap. Masukkan daun bawang dan seledri. Aduk hingga rata. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga mengental. Angkat dan sisihkan.
2. Oleskan isi merata pada roti yang telah digilas. Gulung sambil dipadatkan, lem dengan telur kocok.
3. Celupkan pada telur kocok hingga merata, gulingkan pada tepung panir. tekan-tekan hingga tepung menempel. Diamkan sebentar agar tepung panir menempel sempurna.
4. Goreng dalam minyak yang panas hingga berwarna kecoklatan. Sajikan.

Note: kalau pengen hemat waktu untuk memasak selanjutnya, buat stok isi sebanyak 2-3 resep sekaligus, simpan dalam wadah tertutup di lemari es. Isi tetap enak sampai 3 hari.Adonan isi ini ga cuma bisa buat isian roti tapi bisa juga dicampur sama macaroni, atau untuk pelengkap mashed potato. Jadi kan lebih hemat waktu :)
Untuk roti gulungnya sendiri juga bisa dibekukan di freezer. Buat sampai step 3. Masukkan wadah tertutup, simpan di freezer. Bisa tahan sampai seminggu.
Kalau untuk yang dewasa, mau ditambah lagi gula dan garamnya juga boleh. Disajikannya dengan saus dan mayones. Hmmmm yummmyyy!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...