Rabu, 04 September 2013

Martabak Bolu #30hariberbagiresep Day 4

Dari dulu aku penggemar berat martabak manis atau terang bulan. Tapi kalau dulu seringnya ya tinggal beli aja. Setelah tinggal bareng suami, pengennya masak sendiri kalau emank bisa :)). Nah kalau sebelumnya aku pernah post resep martabak manis tanpa ragi, kali ini aku pengen nyoba bikin martabak bolu. Kenapa disebut martabak bolu? Karena teksturnya yang lebih mirip bolu, ga seperti martabak manis pada umumnya yang lebih padat dan berminyak dengan lelehan butter, martabak bolu ini bener-bener lembut dan rasa gurihnya dari santan. Enak juga, tapi kalau aku pribadi lebih suka martabak manis biasa. hehehe.. 

Resep yang aku pakai dari mbak ricke. Yang mbak ricke bikin dikasih pandan, tapi karena aku lagi ga punya pandan, jadi aku bikin versi plainnya. Kemarin aku bikin 3 resep buat dibagi-bagi ke temen-temen kantor suamiku. Dan karena aku pakai teflon biasa (ukuran 28 cm), aku nuang adonannya ga terlalu tebal biar mateng, kalau terlalu tebal takut ga mateng. Yuk diintip resepnya :)

Martabak Bolu
Bahan A :
100 gr tepung terigu serbaguna (aku pakai segitiga biru)
25 gr gula pasir halus
150 ml santan, rebus dan biarkan hangat
1/2 sdt ragi instan
Bahan B :
1 butir telur utuh
1 kuning telur
25 ml air 
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/2 sdt pasta (optional)
1 sdm gula pasir  untuk taburan
Topping :
meises, keju cheddar parut atau sesuai selera
Cara Membuat :
- Campur tepung terigu dan gula pasir halus, aduk rata.
- Tuang santan hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk memakai whisker hingga adonan licin dan lembut. Masukkan ragi instan, aduk rata.
- Diamkan selama kurang lebih 30-60 menit.
- Kocok lepas telur, masukkan ke dalam adonan. Apabila memakai pasta, tuang ke dalam adonan sambil diaduk rata.
- Masukkan baking powder, aduk rata. Diamkan selama 15 menit.
- Panaskan loyang martabak (aku pakai teflon, kalau pakai teflon, pastikan teflonnya masih berfungsi baik jadi ga lengket dan gunakan api kecil), tuang soda kue dan aduk rata. Segera tuang ke dalam loyang, ratakan.Tutup teflon.
- Tunggu hingga muncul gelembung-gelembung atau lubang-lubang yang cukup banyak.
- Setelah permukaannya agak kering, taburi dengan gula pasir. Tutup lagi dan masak sebentar hingga gula agak mencair. Angkat.
- Panas-panas olesi dengan margarin dan beri topping sesuai selera.
Note: Kalau mau bikin lebih dari 1 resep, soda kue tetap baru dimasukkan saat akan dituang ke dalam loyang/teflon. 

12 komentar:

  1. liat foto martabaknya tengah malam begini jadi laper...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq suka bgt bikin krn cpt, tinggal aduk2 doank, bahkan mlm2 skalipun (nambah endut iya :D)

      Hapus
  2. Ini kayak martabak Bolu yang terkenal di Bandung itu ya Mak Khusnul?

    BalasHapus
  3. Waaaah, makasi Mak resepnya
    Sepertinya gampang :)

    BalasHapus
  4. ngilerrrr
    mau dunk dibikinin
    hehehe

    BalasHapus
  5. @Diah Didi:yups, betul sekali mak :) ini emank dari bandung

    BalasHapus
  6. @Esti Sulistyawan: iya mak, gampang banget, cuma aduk2 doank :) ayo dicoba

    BalasHapus
  7. @Rizka: boleh mak, tapi ambilnya ke sini ya ;)

    BalasHapus
  8. uwah,maknyusssssss......'salam kenal mak

    BalasHapus
  9. @Hanna HM Zwan: salam kenal juga mak, makasih udha mampir :)

    BalasHapus
  10. Kalo martabak bolu golden bell pakek susu cair....ngak pakek santan.....kira kira kalo dtmpt kita ngak ada susu cair kira kira kalo dganti dan susu kental manis bisa ngak ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai susu kental manis diencerkan dulu dengan air hangat, tapi jadinya mungkin lebih manis karena SKM kan banyak gulanya. dicoba saja :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...